BRI Imbau Nasabah Hati-hati Penipuan – Hacked by TryDee
News

BRI Imbau Nasabah Hati-hati Penipuan

KENDARI, RSONLINE – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Samratulagi Kendari, mengimbau seluruh nasabah agar berhati-hati terhadap kasus penipuan yang marak terjadi dengan modus iming-iming hadiah. Operational Manager PT BRI, Rizqi Darajat, menjelaskan, penipuan dengan modus iming-iming hadiah kini sedang merajalela, terutama belanja online atau melalui telepon seluler.

Rizqi Darajat

“Masyarakat jangan mudah tertipu belanja online atau dihubungi melalui telepone seluler dengan iming-iming hadiah tertentu. Atau pembelian barang yang harganya sangat murah segera dihindari. Jika konsumen ingin membeli barang tertentu, harus jelas asal usul rekeningnya. Kalau belum jelas, jangan melakukan transaksi transfer. Jika nasabah sudah melakukan transfer, maka itu menjadi tanggung jawab nasabah sendiri ketika uangnya tidak dapat dikembalikan ,” ungkap Rizqi, Senin (7/11).

Rizqi bilang, BRI tidak bisa mengontrol kasus penipuan. Sebab, orang yang melakukan itu adalah sindikat penipu yang marak terjadi di Indonesia, termasuk di Kota Kendari. “Kalau kami sering melakukan edukasi terhadap Costumer Service maupun Teller. Pertama, harus menjaga kerahasiaan PIN ATM nasabah. Kedua, memastikan setiap melakukan transfer harus sudah jelas nomor rekening yang dituju. Ketiga, setiap ATM kami pasang imbauan agar nasabah berhati-hati dalam penggunaan kartu ATM,” jelasnya.

Untuk kasus penipuan kata Rizqi, yang menjadi titik rawan adalah pemahaman masyarakat tentang transaksi melalui ATM, baik BRI maupun bank lain. Transaksi ATM sepenuhnya menjadi tanggung jawab nasabah itu sendiri.

“Teknologi dari penipu sudah sangat canggih. Mereka menggunakan provider berupa SMS atas nama BRI. Bukan berupa nomor atau operator lagi, karena semakin canggiahnya alat yang mereka gunakan, kami tidak dapat mengontrol setiap cabang di Kota Kendari,” ujarnya.

Untuk mencegah terjadinya kasus penipuan terorganisir, BRI kata Rizqi selalu berkoordinasi dengan kepolisian. (p9/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top