Dewan Setuju Walikota Tak Lelang Jabatan – FAJAR Sultra
News

Dewan Setuju Walikota Tak Lelang Jabatan

BUTONPOS.COM, BAUBAU–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tak akan mempersoalkan jika Walikota AS Tamrin menunjuk langsung pejabat-pejabat yang akan mengisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru.

Alasannya sederhana saja, dewan berpendapat bahwa OPD baru lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) itu sudah harus beroperasi Januari 2017 mendatang. Sementara jika pengisian jabatan melalalui lelang, maka dikhawatirkan akan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

“Karena ini transisi, tidak ada lelang. Transisi yang dimaksud, organisasi ini sudah harus operasional di Januari. Sementara kalau kita melakukan proses lelang, ini tidak dimungkinkan lagi,” jelas Wakil Ketua DPRD, La Ode Yasin di DPRD, Senin (7/11).

Kendati begitu, Legislator PBB ini mengatakan, pihaknya meminta agar dalam pengangkatan jabatan-jabatan strategis ini, walikota lebih mengedapankan Sumber Daya Manusia (SDM) profesional. Yang mampu memahami Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)-nya, mampu bekerjasama, memiliki dedikasi tinggi untuk mewujudkan visi misi Tampil Mesra.

“Karena dia hak preogratif, maka kita memastikan saja dia harus berjalan sesuai ketentuan. Silahkan Pak Walikota mengangkat pembantu-pembantunya mewujudkan mimpi-mimpi beliau. Mimpi-mimpi itu sudah menjadi komitmen politik kita bersama DPR, karena sudah tertuang dalam Perda tentang RPJMD,” imbuhya.

Setelah memilih pejabatnya, tambah dia, selanjutnya para wakil rakyat tinggal melaksakan fungsi pengawasan normal seperti biasa. Yasin memastikan pihaknya akan terus memantau kinerja para pejabat yang dipilih walikota tersebut.

“Bahwa akan ada evaluasi-evaluasi kinerja, selain dilakukan oleh walikota, juga kita mengawasi. Kita juga berhak mengeluarkan rekomendasi bahwa ini tidak layak,” tandasnya.(exa)

Ini Data Dinas Baru

* Dinas Pemuda dan Olahraga
* Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
* Dinas Pengendalian Penduduk dan KB
* Dinas Kebakaran dan Penyelamatan
* Dinas Penanaman Modal dan PTSP
* Dinas Koperasi dan UKM
* Dinas Tenaga Kerja
* Dinas Perumahan dan Kawasan Perumahan
* Dinas Ketahanan Pangan
* Dinas Perikanan
* Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
* Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah

Buton Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top