“Kaghati” Pecahkan Rekor Dunia – Fajar Sultra
News

“Kaghati” Pecahkan Rekor Dunia

RAHA – Kaghati, demikian masyarakat Muna menyebut layang-layang tradisional yang dibuat dari daun ubi hutan. Kaghati sangat fenomenal dan mampu menyita perhatian masyarakat dunia, karena kaghati adalah satu-satunya layang-layang di dunia yang bahan bakunya murni dari alam, tanpa bahan sintetis.

Piagam dari penyelenggara Tafisa Games 2016.

Kaghati, juga diakui sebagai layang-layang tertua di dunia yang dibuktikan dengan ditemukan lukisan layang-layang di dinding gua Sugipatani Kecamatan Loghia Kabupaten Muna yang usianya diperkirakan ribuan tahun lamanya. Teranyar, kaghati mampu memecahkan rekor dunia sebagai layang-layang terbesar di dunia yang memiliki dimensi 500 cm x 430 cm.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna, Hj Nursinah Taeda mengatakan, kaghati berdimensi 500 cm x 430 cm itu mampu terbang di udara selama lebih dari satu jam pada festival layang-layang internasional di Jakarta Internasional Kite Festival 7-9 Oktober baru-baru ini. “Dari waktu minimal 20 menit yang diberikan oleh panitia, kaghati mampu terbang selama satu jam lebih di udara,” kata Nursinah

Atas pemecahan rekor dunia ini, kaghati akhirnya tercatat dalam buku rekor dunia, Guiness Book. “Selain penghargaan, kita juga akan mendapatkan sertifikat langsung dari penyelenggara Tafisa Games 2016. Namun sertifikatnya masih di London,” katanya. (sra/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top