KPPT Temukan Perusahaan Berizin Palsu – FAJAR Sultra
News

KPPT Temukan Perusahaan Berizin Palsu

RUMBIA, BKK- Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Bombana menemukan adanya perusahaan yang menggunakan izin palsu. Perusahaan tersebut berupa pabrik penggilingan padi di kelurahan Lameroro Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana.
Proses penemuan pabrik berizin palsu tersebut diketahui kala pemilik pabrik datang ke Kantor KPPT setempat dengan tujuan memperpanjang izin dokumennya. Namun setelah dilakukan pengecekan terhadap dokumen yang terdiri dari Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) ternyata terindikasi palsu.
Data yang dihimpun koran ini, perusahaan Salsa Indah selaku pihak pemegang izin palsu tersebut diketahui telah beroperasi sejak dua tahun silam.
Kepala KPPT Bombana, Pajawa Tarika mengatakan, setelah melakukan pengecekan terhadap seluruh dokumen perusahaan itu, dirinya meyakini jika izin yang dikantongi selama ini palsu.
“Ada empat kategori yang membuktikan jika dokumen tersebut palsu yakni nomor handphone kantor yang tidak benar, nomor surat keluar juga tidak ada, kertas dokumennya bukan kertas yang dipakai KPPT dan tandatangan mantan Kepala Kantor juga salah,” beber Pajawa Tarika yang dikonfirmasi sejumlah wartawan di ruang kerjanya, kemarin.
Dia mengatakan, pihak KPPT tidak dapat memperpanjang dokumen perizinan milik perusahaan Salsa Indah tersebut tersebut sebab, izin yang dikantongi saat ini jelas-jelas palsu.
“Jadi izinnya harus dibuat ulang karena kalau mau diperpanjang kami tidak akan melakukannya karena dokumen yang dikantongi selama ini palsu,” terangnya.
Dirinya menghimbau, agar dalam proses pembuatan izin usaha, masyarakat selalu berhati-hati karena sudah banyak penipuan dengan modus pembuatan izin dokumen yang mudah.
“Jika ada oknum yang menawarkan jasa pembuatan izin dokumen dengan mengatasnamakan pegawai KPPT segera lapor kepada kami. Laporkan ke nomor kontak resmi kami 0852 4240 1419 karena setiap staf kantor perizinan yang turun lapangan dibekali surat tugas,” terang Pajawa Tarika. (cr2/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top