Panwas Ngotot Jadikan H Hamin-Farid Paslon Pilkada Buton – Hacked by TryDee
News

Panwas Ngotot Jadikan H Hamin-Farid Paslon Pilkada Buton

BUTONPOS.COM, PASARWAJO–Musyawarah sidang sengketa Pilkada Buton yang sudah digelar beberapa pekan ini, diputus Senin (7/11). Lagi-lagi Pengawas Pemilu (Panwaslu) ngotot meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton untuk membuka pendaftaran pasangan calon (Paslon) ulang.

Karena itu, dalam putusannya Panwas membatalkan keputusan KPU Buton No. 43 dan 44 terkait Penetapan Satu Paslon untuk Pilkada Buton yang akan digelar Februari 2017 mendatang.

Ketua Panwas Buton La Saluru mengatakan, hasil sidang sengketa Pikada yang baru saja dilakukannya menerima sebagian permohonan yang diajukan pemohon, dalam hal ini pihak H Hamin-Farid Bachmid dan juga menolak sebagian permohonan pemohon.

“Yang diterima membatalkan keputusan KPU Buton nomor 43 dan 44 terkait penetapan satu pasangan calon. Memerintahkan KPU untuk membuka kembali pendaftaran dan segera menindaklanjutinya,” ujarnya.

Sementara permohonan pemohon yang ditolak Panwas diantaranya, menerima langsung pasangan H Hamin-Farid Bachmid sebagai pasangan calon untuk Pilkada mendatang.

Tenggang waktu putusan tersebut, kata La Saluru selama seminggu. Untuk waktu pendaftaran diserahkan kepada KPU Buton mengenai regulasinya.

Sementara itu Pihak KPU Buton melalui kuasa hukumnya, Samiru mengatakan, keputusan yang ditetapkan Panwaslu Buton tidak rasional dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menurutnya soal waktu yang tersisa saat penutupan pendaftaran tambahan Balon kada itu bukan kehendak KPU Buton. Saat itu, kata dia, yang mengevakuasi pihak kepolisian.

“Yang menentukan dievakuasi atau tidak, itu pihak kepolisian, itulah yang membuat kami tidak terima dengan putusan tadi,” tegasnya.

Untuk saat ini sambung dia lagi, pihak KPU Buton akan melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi dan KPU Pusat. Pasalnya upaya hukum hanya akan dilakukan pihak terkait.

Menurut Samiru, keputusan Panwas itu bukannya memberikan nilai demokrasi kepada masyarakat, tapi sudah pasti sangat mencederai nilai demokrasi. Karena menurutnya, Panwas tidak mempunyai kapasitas untuk membatalkan sebuah keputusan. Yang berhak membatalkan sebuah keputusan pengadilan yang berwenang.

“Panwas ini cuma merekomendasikan, sepanjang pihak termohon (KPU Buton) tidak merekomendasikan dan termohon tidak merekomendasikan ini,” tuturnya.

Untuk itu selaku tim kuasa hukum, pihaknya akan melakukan upaya hukum. Dalam hal ini mengajukan gugatan melawan hukum karena telah mencederai hukum yang ada dan akan melaporkan Panwas ke DKPP karena telah melanggar kode etik.

Sementara itu, tim kuasa hukum H Hamin-Farid mengatakan puas dengan putusan Panwas itu. Karena itu, tim kuasa hukum akan mengupayakan agar H.Hamin – Farid ditetapkan sebagai pasangan calon saat Pilkada Buton.

“Ini perjuangan rakyat dan kita akan memperbaiki berkas dan dokumen, karena memang hak itulah yang tidak diberikan KPU Buton,” tukasnya.(yen)

BACA JUGA:

Panwaslu Buton Tegaskan Tetap Independen

Buton Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top