SKPD Percepat Serapan Anggaran – Fajar Sultra
News

SKPD Percepat Serapan Anggaran

KENDARI, RSONLINE – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyampaikan hasil evaluasi APBD perubahan 2016 Pemprov Sultra.

Secara umum, Kemendagri menekankan agar memperbaiki serapan anggaran hingga akhir tahun. Antisipasi ini harus dilakukan, mengingat Sultra mendapatkan pemotongan anggaran dana transfer daerah cukup besar.

Nasir Andi Baso

Demikian diungkapkan Kepala Bappeda Sultra, Dr Nasir Andi Baso, saat dikonfirmasi, Senin (7/11). Bahkan kesimpulan hasil evaluasi Kemendagri, pihaknya akan mengikuti arahan pemerintah pusat yang mana dalam rangka penyesuaian nomenklatur penataan kelembagaan, tetap mempertahankan lima prioritas pelayanan dasar yang menjadi visi misi pasangan Gubernur Sultra Nur Alam dan HM Saleh Lasata.

“Olehnya itu, kita tetap harus mempertahankan presentase dana pendidikan, kesehatan, belanja tidak langsung, belanja langsung. Termasuk mengurangi perjalanan dinas, biaya rapat dinas dan makan minum untuk diarahkan ke belanja modal,” ungkap mantan Pj Bupati Buton Utara itu.

Selain itu, semua pimpinan SKPd melakukan percepatan serapan anggaran pada APBD perubahan yang menjadi kewenangannya masing-masing hingga akhir tahun anggaran. Sehingga, serapan anggaran dari tahun ke tahun lebih efektif dan bisa mencapai target rencana pembangunan jangka menengan daerah (RPJMD).

“Memang serapan anggaran penting jadi perhatian bersama. Jadi memang kepala SKPD harus lebih baik melakukan serapan anggaran hingga akhir tahun,” tegasnya.

Apa ada pengurangan dari hasil evaluasi APBD P 2016? Nasir mengaku dalam APBD perubahan memang ada pergeseran-pergeseran anggaran. Dimana dilakukan pengurangan ke belanja modal, karena adanya formulasi numenklatur. Sayangnya dia tidak menyebutkan secara rinci berapa jumlah anggaran yang digeser ke belanja modal.

“Termasuk kita disarankan agar berhati-hati dalam menyusun rencana atau perkiraan pendapatan daerah agar lebih bijaksana dan lebih realistis,” tuturnya. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top