BPMD Kebut Serapan Dana Desa – Hacked by TryDee
News

BPMD Kebut Serapan Dana Desa

LANGARA, RSONLINE – Serapan Dana Desa (Dades) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus dikebut sebagai upaya mempercepat penggunaan Dades tahap I pada Tahun 2016 sebesar 60 persen. Oleh karenanya Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) memberikan batas penyetoran laporan realisasi penggunaan dana tahap I tersebut hingga batas 15 November 2016.

“Kami sudah menyurat kepada 71 Kepala Desa bahwa batas penyampaikan laporan realisasi penggunaan dana desa tahap satu pada tahun ini adalah 15 November 2016. Mereka (Kades) wajib menyampaikan laporan itu, kepada BPMD,” tegas Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) BPMD Konkep, Takdir SH, kemarin.

Hal ini dilakukan kata Takdir, agar dana desa tidak tertahan di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) seperti yang terjadi pada Tahun 2015 lalu. Sehingga bisa mempercepat serapan dana desa di Konkep untuk tahun berikutnya.

“Prosesnya kemarin itu yang bikin lambat karena tertahan di RKUD. Nah untuk tahun ini minimal ditransfer ke rekening kas desa. Kalaupun tidak bisa diserap 100 persen diakhir tahun, paling akan menjadi silva desa. Itu yang akan menjadi bahan laporan konsolidasi, kalau misalnya hanya 20 persen, ya 20 persen yang jadi silva,” katanya.

Meski belum ada Kades yang melaporkan realisasi penggunaan dana desa tahap I pada tahun ini, Takdir meyakini bisa memenuhi target serapan anggaran hingga 100 persen karena menurutnya baru beberapa Kabupaten saja yang melaksanakan dana desa tahap II.

“Kita masih bisa memburu, karena baru beberapa Kabupaten saja yang baru melaksanakan penggunaan dana desa tahap II yang 40 persen itu,” tandasnya. (*/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top