BPOM Ajak Masyarakat Kembangkan Produk Lokal – FAJAR Sultra
News

BPOM Ajak Masyarakat Kembangkan Produk Lokal

KENDARI, RSONLINE – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggelar pertemuan bersama dengan para kader keamanan pangan, yang berasal dari berbagai daerah di Sultra, Selasa (8/11).

Kader keamanan pangan dan BPOM Kota Kendari berdiskusi bersama, bertempat di Grand Clarion Hotel, Selasa (8/11).

Kader keamanan pangan tersebut diantaranya berasal dari sembilan kelurahan di Kota Kendari, enam kelurahan dan dua desa dari Kabupaten Kolaka, Kabupaten Bombana, dan Kabupaten Kolaka Timur.

Kepala BPOM Sultra, Adillah Pababbari mengatakan, target BPOM Sultra untuk pengembangan produk pangan unggulan desa setiap tahun adalah berfokus pada tiga kabupaten dan satu kota.

“Kader-kader ini berperan untuk mengawal keamanan pangan yang ada di kelurahan dan yang ada di desa, sehingga tujuan diselenggarakannya pertemuan ini untuk memberdayakan masyarakat atau komunitas desa dibidang keamanan pangan, meningkatkan akses keamanan pangan desa, dan mengembangkan produk pangan unggulan desa,” paparnya.

Dia melanjutkan, kader yang menghadiri kegiatan ini, sebelumnya telah diajari tentang pengolahan pangan dan penyediaan pangan serta registrasi pangan industri rumah tangga yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

“Para kader sudah diajari sebelumnya tentang pengelolaan pangan dan bahaya menggunakan bahan pengawet,” ucapnya.

Dari hasil uji laboratorium, lanjutnya, untuk penggunaan barang berbahaya, dirinya melihat sudah mulai mengalami penurunan.

Sementara, itu Hermin, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Ketahan Pangan Sultra menjelaskan, pangan harus terus dikontrol dan terus diantisipasi agar saat dikonsumsi dirumah tangga sudah aman, dan pihaknya juga mengaku terus dilakukan pengawasan secara terpadu tiga bulan sekali untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk mencegah hal buruk terjadi dimasyarakat, saya bersama tim selalu mengadakan sidak dan pengawasan secara terpadu,” tutupnya. (p6/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top