Kendari Tertinggi, Buton Terendah Dana Kampanye Paslon – FAJAR Sultra
News

Kendari Tertinggi, Buton Terendah Dana Kampanye Paslon

KENDARI, RSONLINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tujuh kabupaten/kota, sudah mengeluarkan keputusan terkait dana kampanye yang boleh digelontorkan setiap pasangan calon (paslon) selama kampanye berlangsung.

Komisioner KPU Sultra Tina Dian Ekawati Taridala menyampaikan, dari tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada serentak 2017 mendatang, Kota Kendari merupakan daerah yang paling tinggi dana kampanyenya yakni sekira Rp 6,5 Miliar, sedangkan untuk daerah yang paling rendah dana kampanyenya adalah Buton sekira Rp 2 miliar.

Tina Dian Ekawati Taridala

“Untuk dana kampanye Kendari yang tertinggi sedangkan untuk yang terendah itu Kabupaten Buton,”ujarnya.

Tina sapaan akrabnya menjelaskan, besar kecilnya dana kampanye setiap paslon itu ditentukan beberapa faktor. Diantaranya, faktor geografi, jenis-jenis kampanye, alat peraga kampanye dan bahan kampanye paslon, letak geografis, jumlah penduduk, standar biaya daerah, dan jumlah pemilih 30 persen mempengaruhi besaran dana kampanye.

Bagaimana kalau ada yang mengeluarkan dana kampanye lebih dari apa yang sudah ditetapkan? Tina mengingatkan, satu rupiah saja melebihi dari dana kampanye yang sudah ditentukan maka, KPU tidak akan segan-segan melakukan pembatalan pencalonan paslon tersebut atau bisa saja langsung menyerahkan ke pihak yang berwajib, sebab itu masuk pada ranah tindak pidana.

“Kalau melebihi maka tidak ada jalan lain selain diskualifikasi,”tuturnya.

Tina menambahkan, paslon juga tidak boleh untuk melakukan rekayasa dalam pelaporan dana kampanye. Saat ini kata Tina, setipa paslon sudah harus memiliki rekening khusus yang dipakai untuk dana kampanye, sehingga, Panwas dan KPU juga mudah untuk melakukan pengawasan.
Paslon juga mesti mencatat pengeluaran yang tidak masuk dalam rekening khusus. Misalnya, setiap paslon punya bendahara masing-masing, maka bendahara paslon harus selalu mencatat pengeluaran dana kampanye selama masa kampanye berlangsung. (p4/b/ags)

Dana Kampanye Paslon tujuh kabupaten/kota
Kendari Rp 6.450.640.000

Muna Barat Rp 3.835.386.800

Buteng Rp 2.428.336.300

Kolut Rp 2.476.522.500

Buton Rp 2.053.375.000

Bombana Rp 3.147.430.000

Busel Rp 2.494.266.300

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top