Panwas Batalkan Pencalonan Umar, KPU “Binggung” – Hacked by TryDee
News

Panwas Batalkan Pencalonan Umar, KPU “Binggung”

KENDARI, RSONLINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra nampaknya ‘binggung’ dan belum menentukan langka apa yang akan ditempuh, setelah Panwaslu mengeluarkan empat keputusan salah satunya membatalkan putusan KPU Buton, tentang penetapan pasangan calon tunggal Samsu Umar Samiun – La Bakry.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, pihaknya belum mau mengambil tindakan tentang putusan yang sudah keluar.

Pihaknya, baru bisa bersikap setelah bertemu dengan KPU Buton. Kata Dayat, pihaknya masih harus mencermati putusan Panwaslu disandingkan dengan regulasi yang ada.

“Ya KPU juga perlu melakukan kajian terhadap keputusan ini,” ujarnya, Selasa (7/11).

Dikatakannya, meski keputusan Panwaslu juga bersifat final dan mengikat, akan tetapi KPU juga perlu melihat antara keputusan dan tata aturan yang berlaku.

Sebelumnya, Panwaslu Buton selain membatalkan putusan KPU Buton tentang penetapan pasangan calon tunggal pasangan Samsu Umar Samiun – La Bakry, Panwaslu juga meminta KPU Buton untuk membuka kembali pendaftaran pasangan calon selama satu minggu.

Kata Dayat, sampai saat ini meski sudah ada perintah membuka ulang pendaftaran calon, akan tetapi KPU belum bisa memastikan kapan pendaftaran bisa dibuka kembali.
“Kita belum bisa memastikan kapan membuka pendaftaran ulang,”terangnya.

Yang jelasnya kata Dayat, masalah ini harus benar-benar dikaji dulu. Misalnya KPU membuka kembali pendaftaran, bagaimana dengan tahapan yang sudah berjalan.

Bahkan percetakan alat peraga kampanye dan bahan kampanye sudah dimulai. Sementara proses pencalonan juga yang sudah lama selesai tentu harus menjadio pertimbangan.

Misalnya kata Dayat, ketika dibuka kembali pendaftaran maka secara otomatis harus mulai dari awa lagi dan ini boleh jadi mengganngu tahapan Pilkada

Dirinya juga meminta Panwaslu juga tidak boleh mengeluarkan keputusan tapi harus dengan solusi. Panwaslu harus terlibat didalamnya, jangan sampai kata Dayat, Panwaslu hanya mengeluarkan amar putusan tapi tidak membantu mencari solusi.

Apakah Pilkada Buton bisa tertunda? Dayat menyampaikan, pihaknya belum bisa berandai-andai. Saat ini pihaknya juga sedang merencakan berkonsultasi dengan KPU RI, untuk mendapatkan penjelasan langsung dari KPU RI. (p4/a/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top