Pemberhentian ADP Diteken Mendagri – Hacked by TryDee
News

Pemberhentian ADP Diteken Mendagri

KENDARI, RSONLINE – Usulan pemberhentian salah satu Anggota DPRD Sultra daerah pemilihan (dapil) Kota Kendari Adriatman Dwi Putra telah mendapat restu dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Usulan pemberhentian ADP sapaan akrab Adriatma Dwi Putra telah diteken Tjahjo Kumolo.

Demikian diakui Kabag Otda Biro Pemerintahan Tomi Indra Sukiadi, saat dikonfirmasi, Selasa (8/11). Usulan pemberhentian ADP, kata Tomi diajukan ke Pemprov Sultra sejak pertengahan Oktober lalu. Selanjutnya usulan itu diteruskan ke Kemendagri untuk mendapatkan perstujuan pemberhentian.

Tomi Indra Sukiadi

“Usulannya sudah ditandatangani sama Pak Menteri (Tjahjo Kumolo), sejak beberapa hari lalu. Karena kita usulkan sudah sejak pekan lalu, dan baru diteken usulannya,” ujar alumnus UGM itu.
Surat Keputusan yang dikeluarkan Mendagri, kata Tomi bukan hanya keputusan pemberhentian ADP. Tetapi bersamaan dengan keputusan pengangkatan pengganti antar waktu (PAW) dari yang bersangkutan.

Berdasarkan usulan KPU Sultra, masih kata dia maka Sukarman AK yang diusulkan sebagai PAW ADP.

“Jadi nanti SK nya dua sekaligus. SK pemberhentian ADP, dan sekaligus SK pengangkatan Sukarman AK sebagai PAW, dan tinggal diambil saja SK nya,” ucapnya.

Rencananya, Tomi akan ke Jakarta dalam waktu dekat ini untuk menjemput SK pemberhentian ADP dari anggota DPRD Sultra dan pengangkatan Sukarman AK sebagai PAW dari ADP.

Sementara untuk, usulan pemberhentian anggota DPRD kota dan kabupaten, baru Abdul Rasak yang telah ditandatangani Gubernur Sultra Nur Alam. Abdul Rasak juga tampil sebagai calon Walikota Kendari berpasangan dengan Hari Andi Surahman.

“Pemberhentiannya sudah ditandatangani Pak Gubernur Nur Alam, beberapa waktu lalu, dan tinggal diserahkan ke Pemerintah Kota Kendari, untuk selanjutnya diserahkan ke DPRD Kendari,” Ujar Tomi, Selasa (8/11) saat dikonfirmasi melalui saluran telponnya.

Rencanannya, akan diserakan hari ini, Rabu (9/11) ke Pemkot Kendari. Keputusan pemberhentian yang bersangkutan, sekaligus usulan pengganti antar waktu (PAW) yang telah diusulkan yakni Iwan Sukma. Ia adalah urutan suara terbanyak ke dua setelah Abdul Rasak di daerah pemilihan (dapil) Abeli dan Poasia pada Pileg 2014-2019.

ADP mengajukan pengunduran dirinya sebagai anggota legislatif karena tampil sebagai calon Walikota Kendari yang berpasangan dengan politisi PKS Sulkarnain.

Diketahui, Sukarman kader PAN Sultra dengan suara terbanyak ke tiga sebanyak 6.902 suara di daerah pemilihan Kota Kendari. Sementara ADP dengan perolehan sebanyak 25.387 suara dan Abdurrahman Saleh sebanyak 12.1928 suara. Sebelumnya ADP sebagai Ketua Komisi III DPRD Sultra, dan digantikan Tahrir Tasruddin. (*/a)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top