Akreditasi Sekolah di Kolaka Rp 150 Juta, Simak Nih…. – FAJAR Sultra
News

Akreditasi Sekolah di Kolaka Rp 150 Juta, Simak Nih….

KENDARIPOS.CO.ID KOLAKA- Peningkatan pendidikan adalah salah satu program prioritas Pemerintahan Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin dalam mensejahterakan masyarakat Kolaka. Untuk itu, dalam meningkatkan pendidikan di Bumi Mekongga, setiap tahunnya Pemda menggelontorkan dana yang cukup besar untuk akreditasi sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kolaka, Sal Amansyah mengatakan, salah satu indikator kualitas pendidikan di suatu daerah adalah banyaknya sekolah yang terakreditasi. Olehnya itu, setiap tahunnya pemda mengalokasikan dana khusus untuk akreditasi sekolah. Dimana dana tersebut digunakan untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan agar suatu sekolah dapat terakreditasi.

“Suatu sekolah dapat terakreditasi jika ia mampu memenuhi delapan standar yang telah ditetapkan, yang diantara yaitu standar sarana dan prasarana serta standar pembiayaan. Agar standar tersebut dapat tercapai, maka setiap tahunnya pemda mengalokasikan Rp 150 juta untuk akreditasi,” ungkapnya.

sd-kolaka

Mantan dosen UHO itu mengatakan, sebelumnya dana untuk akreditasi tidak disediakan. Namun, setelah melihat betapa pentingnya akreditasi sekolah itu, maka sejak dua tahun terakhir dana untuk akreditasi sekolah selalu disiapkan. Kata dia, dengan dialokasikannya anggaran untuk akreditasi, maka dalam waktu dua tahun, 139 sekolah yang sebelumnya belum terakreditasi kini sudah terakreditasi. Sedangkan 45 sekolah lainnya ditargetkan akan tuntas di tahun 2017 mendatang.

Sal Amansyah menambahkan, anggaran akreditasi perlu untuk disediakan. Sebab, masa akreditasi hanya berlaku selama empat tahun dan setiap tahunnya ada sejumlah sekolah yang masa akreditasi telah habis. “Setiap tahun itu ada sekitar 50 sekolah yang masa akreditasi habis dan harus diakreditasi lagi. Kalau tidak diakreditasi, maka kasihan anak-anak yang ujian, mereka harus nebeng di sekolah lain yang telah terakreditasi, karena sekolah yang belum terakreditasi itu tidak bisa gelar ujian,” tukasnya. (fad/c)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top