Alamak! Masih ada Lima Desa Belum Teraliri Listrik, Baca Ini…. – Fajar Sultra
News

Alamak! Masih ada Lima Desa Belum Teraliri Listrik, Baca Ini….

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Kabupaten Buton Utara menjadi daerah otonomi baru (DOB) pada 2007 silam. Kendati demikian, warga setempat masih mengeluhkan kediaman mereka belum dialiri listrik khususnya lima desa yang terletak di Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara. Mereka pun mengadukan persoalan itu di hadapan, Anggota DPR RI Umar Arsal, kemarin, (9/11).

Camat Kambowa, La Madia tak menampik bahwa hingga kini lima desa naungannya itu belum telah teraliri listrik hingga kini. Kendati demikian, kata dia, pemasangan tiang listrik dan kabel telah terpasang tinggal menunggu trafo dari pihak PLN Rayon Bau-Bau. “Keluhan masyarakat mayoritas terkait listrik dan jalan yang belum teraspal,” ujar La Madia saat ditemui disela-sela kegiatan reses Umar Arsal di Desa Bente, Kecamatan Kambowa, Buton Utara. La Madia juga belum bisa memastikan kapan lima desa tersebut bakal dialiri listrik.

Sementara itu, Warga Desa Lagundi, Endi Pamaran menuturkan, persoalan listrik dan jalan belum teraspal masih menjadi problem yang melilit warga untuk lima desa tersebut. Endi menegaskan, persoalan tersebut telah disuarakan melalui aksi beberapa waktu lalu ke pemerintah daerah. Hanya saja kata dia, pemerintah belum memberikan jawaban pasti kapan persoalan tersebut bakal ada jalan keluarnya.

umar-arsal-lagi

Mendengarkan kelurahan masyarakat Kecamatan Kambowa tersebut, Umar Arsal siap memperjuangkan aspirasi masyarakat setempat. Legislator DPR RI asal Sultra ini berjanji, akan menemui Bupati Butur, Abu Hasan membahas masalah tersebut. Menurutnya, listrik merupakan kebutuhan urgen dan mendesak agar masyarakat setempat mendapatkan infrastruktur yang memadai. “Terkait masalah listrik akan kami bahas bersama Pemda setempat. Jika tidak bisa diakomodir saya akan perjuangan ke Menteri ESDM,” ujar Umar Arsal.

Terkait adanya jalan yang belum teraspal di Butur, pihaknya juga akan memperjuangkan aspirasi tersebut. Dimana terdapat jalan dari Pongkowulu sampai Desa Lakumbe Kecamatan Kulisusu Barat sekitar 40 kilo meter yang belum teraspal bakal diperjuangkan karena merupakan tanggungjawab Pemprov Sultra. “Jika tidak bisa direalisasikan di Pemprov Sultra saya akan berupaya mengalihkan status jalan tersebut menjadi jalan nasional,” tandasnya. (had/b)

Lima Desa yang belum Dialiri Listrik di Buton Utara :
– Desa Pongkowulu
– Desa Lagundi
– Desa Konde
– Desa Bente
– Desa Mata

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top