APBD 2017 Konsel Mulai Dibahas – FAJAR Sultra
News

APBD 2017 Konsel Mulai Dibahas

ANDOOLO, RSONLINE – APBD Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) 2017 mulai dibahas. Kemarin, DPRD bersama Pemda melakukan sidang paripurna dalam rangka penyerahan KUA-PPAS APBD 2017 Kabupaten Konsel.

Melalui paripurna itu, pemerintah daerah Kabupaten Konsel telah menyerahkan nota pengantar Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) kepada DPRD Konsel.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga melalui Wakilnya, Dr H Arsalim Arifin SE M.Si mengungkapkan, penyerahan KUA-PPAS kepada dewan itu dilaksanakan dalam rangka meminta persetujuan bersama dalam hal penganggaran APBD 2017 mendatang.

“Setelah disepakati nantinya akan menjadi pedoman organisasi perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja dan anggaran (RKA) SKPD,” terang Arsalim.

Dalam penyusunan KUA-PPAS tersebut, kata Arsalim, ada empat misi besar pembangunan daerah yang menjadi prioritas.

“Yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia, meningkatkan pengembangan ekonomi lokal dan daerah yang berkelanjutan, dan meningkatkan ketahanan pangan daerah,” terangnya.

Mengenai flafon anggaran APBD 2017 kata Wabup Konsel diproyeksikan sebesar Rp 1,22 Triliun atau naik sekitar 2,68 persen. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, APBD Konsel mencapai Rp 1,19 Triliun.

“Peningkatan itu bersumber dari dana PAD sebesar Rp 49,146 Miliar, dana perimbangan sebesar Rp 902,09 Miliar, dana Desa sebesar Rp 252,32 Miliar dan pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 271,85 Miliar. Sehingga jumlah flafon APBD 2017 mencapai Rp 1,22 Triliun,” sebutnya.

Ditambahkan, pihaknya berharap dengan penyerahan KUA-PPAS ke dewan ini, DPRD dapat membahas secara seksama dan memberikan tanggapan dan masukan sebelum ditetapkan.

“Karena kita upayakan bulan Desember mendatang APBD 2017 sudah bisa ditetapkan,” harapnya. (ram/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top