KPU Kolaka Ajukan Anggaran Rp 29 Miliar – FAJAR Sultra
News

KPU Kolaka Ajukan Anggaran Rp 29 Miliar

BUTONPOS.COM KOLAKA–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka telah mengajukan rancangan anggaran penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka tahun 2018 kepada Pemda Kolaka.

Rancangan anggaran pembiayaan tersebut akan dimasukkan dalam draf pembahasan RAPBD 2017 mendatang.

Ditemui usai upacara peringatan hari pahlawan, di pelataran kantor Bupati Kolaka, Kamis (10/11), Ketua KPUD Kolaka, Lukman mengungkapkan bahwa anggaran yang diajukan kepada Pemda sebesar Rp 29 miliar.

Anggaran sebesar itu kata Lukman disesuaikan dengan konsekwensi pembiayaan yang dipastikan sangat jauh berbeda dengan Pilkada 2013 lalu.

“Salah satu pembiayaan yang cukup signifikan adalah tes kesehatan atau screening test Narkoba, dimana nantinya sampel tidak hanya sebatas urine dan darah, tapi menyeluruh hingga pemeriksaan rambut, dan itu hanya bisa dilakukan di laboratorium lengkap dan disini belum ada alatnya,” ujarnya.

Ditambahkan Lukman, pelaksanaan Pilbub Kolaka tahun 2018 diajukan anggaran pembiayaannya dalam APBD 2017 mengingat tahapan sudah harus dimulai sejak pertengahan tahun 2017 mendatang.

Terkait urgensi penganggaran sebesar Rp 29 miliar, mantan ketua Panwas Kolaka tahun 2014 itu meyakini bahwa angka tersebut cukup “minimalis” setelah memperhitungkan berbagai potensi pembiayaan.

“Itu pun kita sudah berpikir irit, dan bisa kita pertanggungjawabkan kepada publik, sebab setelah dihitung-hitung ada banyak perbedaan dengan 2013 lalu, misalnya honor PPK yang naik hampir dua kali lipat” tambahnya.

Masih menurut Lukman, anggaran Rp 29 miliar tidak termasuk pembiayaan Panwas dan pengamanan Pilbup, yang penganggarannya akan diusulkan kemudian.

“Panwas lain, pengamanan juga lain, angka Rp 29 miliar itu hanya untuk penyelenggaraan yang menjadi domain kita, KPU,” pungkasnya.

Secara terpisah, Komisioner KPUD Kolaka lainnya, Aidil Adha menyatakan bahwa jadwal Pilbup Kabupaten Kolaka rencananya digelar pada Juni 2018.

Meski demikian Aidil menyatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan waktu pelaksanaan akan berubah dan menyesuaikan jadwal tahapan Pilcaleg dan Pilpres 2019.

“Untuk sementara masih mengacu di Juni 2018, kalau ada perubahan, masih tunggu bagaimana sikap dari pusat, termasuk Mendagri,” ujar Aidil.

Pada penyelenggaraan Pilbup 2013 lalu KPUD Kolaka menganggarkan pembiayaan sebesar lebih dari Rp 17 miliar.

Ketika itu masyarakat pemilik hak suara di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) masih diakomodir sebagai pemilih.(p12)

Buton Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top