KPUD Buton Batalkan Penetapan Calon – FAJAR Sultra
News

KPUD Buton Batalkan Penetapan Calon

KPUD Sultra Perintahkan

KOLAKAPOS, Kendari–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sultra memerintahkan KPUD Kabupaten Buton untuk segera membatalkan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton yang telah ditetapkan. Hal tersebut Disampaikan Ketua KPU Sultra Hidayatullah.

Menurutnya hal tersebut berdasarkan tindak lanjut hasil rapat koordinasi dan supervisi pasca putusan Panwas Kabupaten Buton tanggal 7 November terkait sengketa pemilihan pada penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Buton tahun 2017. Sesuai dengan ketentuan pasal 144 ayat 1 dan 2 undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua undang-undang Nomor 10 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur bupati dan walikota dengan ini kami sampaikan agar KPU Kabupaten Buton segera melaksanakan rapat pleno pelaksanaan putusan Panwas Kabupaten Buton dengan beberapa langkah-langkah.
“Kami sudah bersurat ke KPU Kabuten Buton untuk melaksanakan rapat pleno dengan beberapa langkah-langlah yang pertama pembatalan surat keputusan Kabupaten Buton tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Buton dan keputusan KPU Kabupaten Buton tentang pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Buton dengan 1 pasang calon,” katanya.
Kemudian langlah kedua lanjutnya merubah tahapan program dan jadwal penyelenggaraan bupati dan wakil bupati Kabupaten Buton tahun 2017 untuk membuka kembali penjaringan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Buton tahun 2017 .
“Yang ketiga memerintahkan sekertaris KPA/KPU Kabupaten Buton untuk mengambil langkah-langkah penundaan bahan kampanye dan alat peraga kampanye yang sedang berjalan,” sebutnya.
Keempat sebutnya, terkait kampanye yang sedang berjalan sejak keluarnya putusan Panwas Kabupaten Buton tidak dapat berjalan dan atau berhenti sampai keluarnya perubahan tahapan.

“Dan yang terakhir terkait tata cara prosedur dan mekanisme membuka kembali perpanjangan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Buton dibahas bersama dengan Panwas Kabupaten Buton,” tandasnya. (k1/b/hen)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top