Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Gelar Napak Tilas – Fajar Sultra
News

Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Gelar Napak Tilas

WANGGUDU, RSONLINE – Memperingati Hari Pahlawan 10 November yang jatuh pada Kamis, pemkab Konawe Utara melakukan napak tilas. Nafak tilas yang dimulai dari Linomoiyo kecamatan Oheo ini dilepas langsung oleh bupati, H Ruksamin, Selasa (8/11).

Nafak tilas dalam rangka mengenang perjuangan para pahlawan oleh Pemkab Konut, Selasa (8/11).

Perjalanan mengenang perjuangan para pahlawan ini melewati empat kecamatan dan berlangsung dua hari. Perjalanan akan berakhir di Kelurahan Molawe kecamatan Molawe yang ditandai dengan upacara peringatan hari pahlawan.

Dalam napak tilas itu, bupati dan wakil bupati terlihat berbeda. Kedua pimpinan daerah ini menggunakan pakaian TNI loreng lengkap.

“Kita ingin mengenang kembali perjuangan para pahlawan kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Terutama perjuangan Jendral Sudirman dalam memimpin para pejuang. Meski dalam kondisi sakit berat, beliau tetap berjuang keluar masuk hutan,” jelas bupati.

Dalam menyambut peringatan hari pahlawan tahun ini, pemkab mengemas kegiatan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam kegiatan ini, seluruh SKPD diwajibkan mengikuti napak tilas dengan dilakukan pembagian rute. Setiap beberapa kilometer, para SKPD akan bergantian.

Pada setiap penghentian, pemkab melakukan kegiatan sosial. Seperti pengobatan gratis, sunatan massal, penanaman pohon, dan malamnya hiburan rakyat.

Dari beberapa kegiatan, panitia nafak tilas juga menggemas lomba pidato Bahasa Inggris. Lomba ini akan diikuti mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

Pada Nafak tilas itu, dihadiri juga Kapolres Konawe, AKBP Jemmi Junaidi, Danramil Asera, Ketua DPRD Konut, Jefri Prananda SH beserta wakilnya, dan pimpinan SKPD Konut. Napak tilas itu juga diikuti oleh pasukan TNI. (hdi/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top