Tahapan Dibatalkan, KPUD Buton Diminta Buka Ulang Pendaftaran – FAJAR Sultra
News

Tahapan Dibatalkan, KPUD Buton Diminta Buka Ulang Pendaftaran

3-Hidayatullah-1024x682

♦ Umar-Bakri Tunggu Penantang

KENDARI, RSONLINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra memastikan seluruh tahapan pencalonan dan penetapan pasangan calon Pilkada Buton dibatalkan. Selanjutnya, KPUD Buton diminta untuk memulai kembali tahapan baru.

Namun sebelum memulai tahapan baru, KPU Sultra memerintahkan KPUD Buton untuk terlebih dahulu melakukan rapat pleno pembatalan tahapan Pilkada Buton yang sementara berjalan saat ini, termasuk melakukan langkah-langkah penundaan pelaksanaan kampanye dan pengadaan alat peraga kampanye yang sedang berjalan saat ini.

Demikian salah satu point dari keputusan KPU Sultra yang disampaikan ke KPU Sultra ke KPU Buton, dengan nomor SK 211/KPU-Prov.026/XI/2016 tertanggal 8 November 2016, yang disampaikan Ketua KPU Sultra Hidayatullah kepada koran ini, kemarin.

Hidayatullah

Keputusan ‘mengejutkan’ ini, diambil KPU Sultra menyusul adanya putusan Panwaslu Buton yang memenangkan sebagian gugatan pasangan H Hamin-Farid Bachmid, dan memerintahkan KPU Buton untuk membatalkan surat keputusan KPU Buton tentang penetapan pasangan calon Samsu Umar Abdul samiun-La Bakry

Hidayatullah lebih lanjut menyampaikan, pihaknya sudah memberikan lima rekomendasi untuk dilaksanakan oleh KPU Buton.

Dari hasil pertemuan dengan KPU Buton, mantan anggota KPU Kota Kendari ini mengintruksikan kepada KPU Buton untuk membatalkan surat keputusan KPU Buton tentang penetapan paslon Calon Bupati dan Wakil Bupati Buton, sekaligus juga menganulir keputusan KPU Buton tentang pasangan calon tunggal yang ada saat ini.

“Jadi, KPU Buton dipersilahkan untuk kembali melakukan berbagai tahapan. Akan tetapi tetap membangun komunikasi dengan KPU Sultra dan Panwas Buton,” ujarnya, Rabu (9/11).

Selain itu, KPU Sultra juga meminta, KPU Buton melakukan perubahan tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Buton tahun 2017 untuk membuka kembali perpanjangan pendaftaran paslon bupati dan wakil bupati Buton

Bagaimana dengan bahan kampanye? Saat ini KPU Sultra sudah memerintahkan Sekertaris/KPA KPU Buton untuk mengambil langkah-langkah penundaan pengadaan bahan kampanye dan alat peraga kampanye, yang sedang berjalan. “Kalau APK dan bahan kampanye untuk sementara waktu harus ditunda pengadaannya,” terangnya.

Terkait tahapan kampanye yang sedang berjalan, sejak keluarnya putusan Panwas Buton, maka dipastikan tidak dapat dilanjutkan dan/atau berhenti sampai keluarnya perubahan tahapan yang baru.

Mengenai tata cara, prosedur, dan mekanisme membuka kembali perpanjangan pendaftaran paslon, KPU Buton harus berkomunikasi dan membahas bersama dengan Panwas Buton, agar keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama.

Bagimana dengan nasib paslon Umar-La Bakry, apakah harus kembali mengikuti semua tahapan yang ada? Kata Dayat, Umar Samiun tinggal menunggu penantangnya, jika ada calon yang memenuhi persyaratan pencalonan.
Kata Dayat, Umar Samiun bersama pasangannya sudah dinyatakan memenuhi syarat, sehingga tidak perlu lagi ikut kembali dari awal. (p4/a/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top