Tak Ada yang Janggal di Sidang Sengketa Pilkada Buton – FAJAR Sultra
News

Tak Ada yang Janggal di Sidang Sengketa Pilkada Buton

BUTONPOS.COM, JAKARTA–Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva sempat diperiksa kembali penyidik KPK. Hamdan diperiksa sebagai saksi berkaitan dengan kasus dugaan suap sengketa Pilkada Buton di MK.

Dalam kasus tersebut, Hamdan diperiksa untuk tersangka Samsu Umar Abdul Samiun selaku Bupati Buton. Samsu sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Hamdan mengatakan, saat sengketa disidangkan di MK, tidak ada yang janggal. Menurutnya, proses persidangan berjalan normal.

“Proses persidangan berjalan seperti biasa, normal seperti tertulis dalam berita acara persidangan,” kata Hamdan di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Selain itu, Hamdan juga mengaku tidak tahu tentang adanya aliran dana dari Samsu Umar. Dia hanya mengatakan bahwa putusan majelis hakim saat itu bulat.
“Putusan majelis hakim bulat,” ujar Hamdan.

Saat persidangan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta pada Kamis, 3 April 2014, Samsu Umar pernah dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Akil.

Samsu mengaku mengirimkan uang ke Akil sebesar Rp 1 miliar ke CV Ratu Samagat yang merupakan perusahaan milik Akil.

“Saya transfer tanggal kalau tidak salah 18 Juli 2012 ke CV Ratu Samagat, sebesar Rp 1 miliar,” ujar Samsu saat itu.

Uang ditransfer Samsu lantaran dia takut dibatalkan sebagai Bupati Buton terpilih karena saat itu perkara sengketa Pilkada Buton sedang bergulir di MK.

Awalnya, Bupati Buton itu mengaku ditemui seseorang bernama Arbab Paproeka yang mengaku sebagai pengacara. Arbab yang juga mengaku mengenal dekat dengan Akil Mochtar meminta uang Rp 6 miliar kepadanya jika ingin dimenangkan.

Dalam kasus ini, Samsu disangkakan menyuap Akil sebesar Rp 1 miliar guna pemulusan perkara sengketa Pilkada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara pada tahun 2011. Uang diberikan kepada Akil saat ia masih menjabat sebagai Ketua MK.

Pimpinan KPK sebelumnya sudah berjanji akan menuntaskan kasus-kasus lama. Termasuk kasus suap penanganan sengketa Pilkada di MK ini. Dalam kasus ini, masih tersisa kasus sengketa pilkada di Jawa Timur dan Kabupaten Buton.(jpg)

Buton Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top