Jaksa Kembali Lidik Dugaan Korupsi PLTU Lasunapa – Hacked by TryDee
News

Jaksa Kembali Lidik Dugaan Korupsi PLTU Lasunapa

BUTONPOS.COM, RAHA–Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lasunapa, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna merupakan satu dari 34 proyek pembangkit listrik mangkrak di Indonesia.

Proyek tersebut tidak sempat dikerjakan. Karena bermasalah pada pengadaan lahan. Namun terdapat kerugian keuangan negara sebesar Rp 2,7 Miliar dari total anggaran Rp 4,1 Miliar untuk biaya ganti rugi lahan dan tanaman. Dari kerugian keuangan tersebut, Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna telah menetapkan dua terdakwa yang telah dijatuhi vonis delapan tahun denda Rp 200 juta oleh Pengadilan Tipikor Kendari. Mereka adalah La Ode Mbirita, mantan Kepala Desa Lasunapa dan Arifin SH, mantan Kepala BPN Raha.

Perkara tersebut tidak berhenti pada dua terdakwa yang telah mendapat putusan hukum tetap. Jaksa saat ini kembali melakukan penyelidikan (lidik). Sayangnya, Jaksa masih menutup rapat terkait penyelidikan yang dilakukan. “Perkaranya lanjut. Kami masih lidik,” kata Kajari Muna, Badrut Tamam melalui Kasi Pidsus, I Dewa Gede Baskara.

Desas desus yang beredar, Jaksa akan menyelidiki dugaan aliran dana yang mengalir sebesar Rp 200 juta pada Bank BNI, tempat dana tersebut dicairkan. Ada keterlibatan mantan “Bos” BNI cabang Raha berinisial AY dan BNI cabang Baubau berinisial H. “Nantilah, satu kali kita akan ungkap,” tandasnya.(m2)

Buton Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top