Pj Bupati Abaikan Kegiatan Panwaslu? – FAJAR Sultra
News

Pj Bupati Abaikan Kegiatan Panwaslu?

Humas Buteng: Sudah Dimandatkan kepada Asisten I

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI–Kegiatan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tentang sosialisasi dan tatap muka bersama stake holder yang digelar di aula kantor bupati, Kamis (10/11), terpaksa batal karena lamanya menunggu Pj Bupati Buteng La Ode Ali Akbar yang akan membuka kegiatan dan ketidak hadiran para Kepala SKPD.

Kegiatan yang dijadwalkan dimulai pukul 10.00 wita yang dihadiri Ketua DPRD Adam, Komisioner KPUD, organisasi kepemudaan seperti KNPI, dan para Panwascam itu akhirnya dibatalkan Panwaslu Buteng karena hingga pukul 11.45 wita atau memasuki waktu Salat Zuhur tidak ada tanda-tanda kehadiran Pj Bupati dan para Kepala SKPD.

Padahal tujuan kegiatan tersebut sangatlah penting, yakni menyamakan pemahaman dan persepsi untuk mengawal pelaksanaan Pilkada Buteng sehingga bisa berjalan demokratis, berkualitas, dan bermartabat.

“Kami sangat menyayangkan sikap Pj Bupati yang tiba-tiba saja membatalkan untuk membuka kegiatan yang sudah molor satu jam dengan alasan ada agenda lain yang harus dilaksanakan. Padahal, komunikasi dan koordinasi kami sehari sebelumnya hingga pagi tadi beliau menyatakan siap membuka kegiatan. Bahkan sudah meminta Humas untuk dibuatkan sambutannya,” beber Ketua Panwaslu Buteng Helius Udaya kepada Buton Pos, kemarin.

Helius menambahkan, sebenarnya pihaknya hanya membutuhkan waktu Pj Bupati 10 menit saja untuk membuka kegiatan yang mungkin saja ada himbauan-himbauan penting kepada masyarakat untuk kesuksesan Pilkada Buteng. Apalagi tugas utamanya datang di Buteng sebagai Pj Bupati adalah mensukseskan Pilkada Buteng, bukan mengabaikannya karena lebih mementingkan kegiatan lain.

“Sepertinya Pj Bupati datang di Buteng bukan mau mensukseskan Pilkada, tapi justru mau membuat kegaduhan dan keresahan dengan rencananya mau melakukan mutasi itu,” tandasnya.

Ditanya, apakah tidak ada yang mewakili bupati untuk membuka kegiatan saat bupati tiba-tiba membatalkan diri dan lebih memilih melaksanakan kegiatan lainnya? Helius mengaku ada penyampaian seperti itu bahwa sudah diamanahkan Asisten I La Saripi untuk membuka kegiatan, namun hingga menjelang waktu Zuhur tidak juga muncul.

Ditambah lagi dengan ketidak hadiran para kepala SKPD menambah kesan bahwa kegiatan Panwaslu tersebut seolah diabaikan. Padahal, sebelumnya pihaknya sudah juga melayangkan undangan tertulis kepada masing-masing SKPD.

“Mungkin ada sentimen kepada kami yang pernah mempersoalkan mereka terkait kehadiran 11 PNS Buteng pada kegiatan salah satu Parpol beberapa waktu lalu yang hari ini sudah ada ancaman sanksi dari KASN. Sehingga sangat kita sayangkan bila kegiatan Panwas dikait-kaitkan dengan persoalan itu,” timpalnya.

Saat keluhan Ketua Panwaslu ini disampaikan kepada Kasubag Humas dan Protokoler Bupati Sarifudin Fanta mengatakan, persoalan tersebut tidak perlu dibesar-besarkan karena hanya miskomunikasi saja. Menurutnya, bupati sudah ada agenda yang terjadwal dan tidak bisa ditinggalkan. Sebab, bila bergeser maka kegiatan lain yang sudah diagendakan akan bergeser pula.

“Beliau kan sudah memberikan mandat kepada Asisten I ketika melihat ada agenda penting lainnya yang waktunya sudah harus dilaksanakan sesuai jadwal kegiatan yang ada. Kebetulan saat ini beliau ada rutinitas sehari-hari melakukan sidak dan kunjungan lapangan lainnya, untuk memastikan pukul 10.00 wita itu PNS sudah berada di kantor atau belum untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Terkait ketidak hadiran para Kepala SKPD, juga bertepatan dengan kegiatan rapat di DPRD. Sehingga banyak Kepala SKPD yang hanya mengutus Sekretaris Dinas atau Kepala Bidang untuk menghadiri kegiatan Panwaslu Buteng. “Jadi, Pemkab Buteng tidak mengabaikan kegiatan Panwaslu. Ini akan coba kita clearkan, sehingga bisa dijadwalkan dan diagendakan kembali,” pungkasnya.(uzi)

Buton Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top