45 Pejabat Bakal Kehilangan Jabatan – FAJAR Sultra
News

45 Pejabat Bakal Kehilangan Jabatan

KENDARI – Imbas penataan kelembagaan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, akan ada 45 pejabat Pemprov Sultra bakal kehilangan jabatannnya. Baik pejabat eselon II, III dan IV.

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Pemprov Sultra Syahruddin Nurdin mengungkapkan, setelah perda organisasi perangkat daerah (OPD) kelembagaan ditetapkan, maka ada beberapa yang berubah. Sehingga ada intansi yang terbentuk dan ada pula yang hilang alias terliukuidasi. Sehingga, secara total dinas tinggal sebanyak 26, biro tetap 9 dan ada 9 badan.

“Jadi jumlahnya berkurang dari sebelumnya. Begitu juga jabatan di jajaran eselon II, III dan IV. Satu yang hilang jabatan eselon II, dan selebihnya jabatan eselon III dan IV,” jelas Syahruddin, Selasa (15/11).

Syahruddin Nurdin

Dia mengaku, yang paling banyak berkurang jabatan eselon III dan IV yakni di lingkup Sekretariat Daerah (Setda). Pasalnya, dari lima staf ahli tinggal tiga, meskipun biro tetap sembilan. Namun, ada beberapa jabtan eselon III dan IV yang berpindah dan ditiadakan.

Kata dia, meskipun dalam pengisian jabatan pada kelembagaan yang baru belum dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri, sebelum peraturan gubernurnya ditetapkan.
“Sekarang masih kita godok pergubnya, nanti kita akan konsultasikan ke Kemendagri sebelum kita tetapkan pengisian jabatan distruktur organisasinya,” kata mantan Kabag Protokol itu.

Dia mengimbau, bagi meraka yang akan kehilangan jabatan tidak perlu khawatir. Pasalnya, dalam pengisian jabatan nantinya akan disesuaikan dan akan dilakukan pelantikan kembali baik eselon II, III dan IV. Selain itu, dalam pengisian nantinya akan dilakukan fit and propertes. Apalagi, dalam waktu dekat, ada beberapa pejabat eselon II dan III yang masuk dalam usia pensiun.

“Mereka tidak perlu ragu, karena distribusinya nanti tetap akan fit and propertes dan banyak yang pensiun pejabat eselon II dan III. Jadi tetap ada peluan bagi meraka dalam pengisian jabatan nantinya,” ucapnya.

Sementara, pergub yang mengatur tupoksi kelembagaan struktur organisasi ditataran Pemprov Sultra telah disiapkan Biro Hukum. Tinggal dikonsultasikan dan ditetapkan sebagai pergub. (*/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top