Alamak! Dewan yang Terhormat Telat, Wagub Sampai Menunggu 1,5 Jam – FAJAR Sultra
News

Alamak! Dewan yang Terhormat Telat, Wagub Sampai Menunggu 1,5 Jam

JAM-KARETTTTTTTTT-300x300

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Wow perilaku tak terpuji kembali dipertontonkan para wakil rakyat di DPRD Sultra, kemarin (16/11). Untuk kesekian kalinya, sidang paripurna harus molor dari jadwal semula karena keterlambatan para ‘Yang Terhormat” itu. Wakil Gubernur Sultra, H.M. Saleh Lasata, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) dan pejabat lingkup Pemprov Sultra yang datang lebih awal sebagai undangan hanya bisa menunggu tuan rumah hingga sekitar satu setengah jam.

Molornya jadwal dengan agenda pelantikan PAW anggota DPRD Sultra ini telah diprediksi. Hingga pukul 09.30 Wita, baru lima anggota dewan yang hadir. Padahal sejak pukul 09.00 Wita atau sesuai jadwal rapat, Wagub bersama Muspida lainnya telah hadir. Selama 30 menit berselang, kondisinya tak berbeda jauh. Kursi para anggota dewan masih terlihat kosong. Nanti pada pukul 10.15 Wita, mereka baru terlihat berdatangan.

Sekitar lima menit menjelang dimulainya sidang, jumlah anggota DPRD yang mengisi daftar absensi hanya 19 orang. Itupun tidak semua hadir. Sebab ada beberapa kolam yang tertulis izin atau tidak ditandatangani. Namun saat sidang dimulai, anggota DPRD yang membolos sekitar 50 persen. Dari 45 anggota, hanya 23 anggota yang hadir.
Sejumlah pegawai yang datang mengeluhkan jadwal sidang yang molor. Apalagi hal ini sudah seringkali terjadi. Namun mereka tak bisa apa-apa.

“Kalau saya tahu begini, lebih baik saja datang pukul 10.00 Wita. Kita sudah lebih awal sampai rela meninggalkan tugas kantor, namun mereka yang terlambat. Harusnya, mereka yang lebih dulu datang. Kan, mereka tuan rumah. Masa, yang diundang yang dulu tiba,” sindir salah seorang pejabat lingkup Pemprov Sultra, diamini sejumlah rekannya.

Wakil Gubernur, H.M. Saleh Lasata yang dimintai tanggapannya atas perilaku anggota DPRD tersebut hanya bisa diam beberapa saat lalu melemparkan senyum khasnya. “Apa, kita maklumi saja. Tidak elok, kalau saya komentari. Kalau saya, berusaha untuk tepat waktu,” kata jenderal purnawirawan TNI AD itu.

Kabag Persidangan dan Humas Sekretariat DPRD Sultra, Robert Piter Raru mengatakan sesuai agenda jadwal pelaksanaan sidang dimulai pukul 09.00 Wita. Namun Untuk kejadian kemarin, ia tak tahu apa masalahnya hingga terlambat. Padahal sidang paripurna ini tidak perlu menunggu hingga anggota lengkap. Pasalnya, materi sidang tidak mengagendakan pengambilan keputusan. (b/mal)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top