Butuh Peran Perguruan Tinggi Kembangkan Budaya – Hacked by TryDee
News

Butuh Peran Perguruan Tinggi Kembangkan Budaya

♦ FIB UHO Bakal Gelar Pertunjukkan Seni

KENDARI – Mahasiswa Jurusan Tradisi Lisan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo (UHO) akan menggelar pameran dan pertunjukkan karya seni. Tema yang diusung adalah “Semua tentang Tradisi Lisan”.

Beberapa kegitan seni dipentaskan, pegelaran drama (Putri Tadampali dan Wandiu-diu) dan tarian tradisional antara lain Tarian Mappadendang, Tari Kreasi Melayu, Tari Linda, Tari Moduku, Tari Ende-ende, Tari Mondotambe dan Tari Kreasi Otolamanimo. Ada juga silat daerah Muna, pameran karya seni seperti kriya dan kerajian bambu, serta nyayian lagu-lagu daerah.

Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Ketua Jurusan Tradisi Lisan FIB UHO.

Sementara itu Wakil Dekan I FIB Bidang Akademik Akhmad Marhadi, SSos MSi mengatakan, kreatifitas mahasiswa harus digali. Baginya, ini adalah agenda awal untuk jangka panjang.

“Kami saat ini sedang membangun gedung serba guna yang akan dipakai untuk tempat pentas mahasiswa. Semua itu menjadi cikal bakal untuk menggali potensi-potensi yang ada di Sulawesi Tenggara, dalam aspek budayanya,” tambahnya.

Akhmad berharap jurusan tradisi lisan menjadi icon, dalam mengangkat potensi-potensi budaya yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Fakultas Ilmu Budaya khususnya jurusan tradisi lisan bukan hanya aspek tampilan, tetapi juga menggali kajian ilmiahnya, jadi semua dikaji secara ilmiah, kemudian ditampilkan dalam sebuah penampilan karya seni,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, kekayaan budaya harus betul-betul diangkat dalam bentuk naskah yang kemudian bisa menjadi icon masyarakat Sulawesi Tenggara.

Dalam kegiatan tersebut jurusan tradisi lisan FIB UHO mengundang perwakilan dari SMA, SMP dan MTs yang ada di Kota Kendari. Khususnya guru seni budaya dan siswa-siswanya, sebagai bentuk promosi jurusan tradisi lisan kepada sekolah-sekolah untuk lebih mengenal lagi jurusan tradisi lisan.

“Ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menggali bakat dan jiwa seni yang ada dalam diri mahasiswa, khususnya jurusan tradisi lisan,” ucap Ketua Jurusan Tradisi Lisan FIB UHO Siti Hermina SST Par MHum, Rabu (16/11).

Katanya, kegiatan yang direncanakan akan menjadi kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa jurusan tradisi lisan.

“Harapan kami menyelenggarakan kegiatan seperti ini adalah menjadikan jurusan tradisi lisan lebih dikenal lagi oleh masyarakat, melalui karya seni dan kerajian tangan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, mahasiswa jurusan tradisi lisan belum pernah mengikuti kejuaraan pentas seni di luar daerah, namum sebelumnya mahasiswa jurusan tradisi lisan sudah pernah mengikuti kegiatan-kegiatan seminar internasional di Surabaya dan Bali tentang cerita rakyat. (*/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top