Asrun Resmikan Pasar Rakyat Nambo – FAJAR Sultra
News

Asrun Resmikan Pasar Rakyat Nambo

KENDARI – Pasar Rakyat Nambo resmi digunakan setelah peresmian oleh Wali Kota Kendari Asrun, Rabu (16/11). Asrun mengatakan, pasar tradisonal merupakan sarana pemasaran paling efektif sehingga menjadi magnet dunia usaha utamanya UMKM. Keberadaan pasar tradisional sangatlah penting bagi semua pihak.

Wali Kota Kendari, Asrun, meresmikan penggunaan Pasar Rakyat Nambo, Rabu (16/11).

Bagi pedagang, lanjut dia, pasar adalah modal dan sarana utama untuk aktivitas usaha dalam memasarkan produk dan bagi konsemen pasar adalah wahana utama dalam memenuhi kebutuhan hidup.

“Pasar Rakyat Nambo yang merupakan pasar tradisional, dalam pelaksanaan pembangunannya dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2015 dan tahun pada 2016 dengan total anggaran pembangunan sebesar Rp 2.533.081.000,” paparnya.

Dia berharap, aktivitas dan dinamika pasar tradisional terus dipelihara melalui berbagai usaha, mengigat keberadaan pasar tradisional menjadi pusat episentrum bagi sebagian besar masyarakat.

Katanya, pengembangan dan revitalisasi pasar tradisional telah menjadi program prioritas selama ini, telah banyak pasar yang telah dibangun dan direvitalisasi.

“Hal ini diawali dengan dibangunnya kawasan PKL (Peddys Market), kemudian pembangunan pasar sentral Kendari, kemudian pembangunan kembali pasar sentral Wuawua yang terbakar di tahun 2010, merevitalisasi pasar Anduonohu pada tahun 2009, revitalisasi pasar Lapulu dan sementara berlangsung revitalisasi pasar baruga,” ungkap Asrun.

Pihaknya mengatakan revitalisasi pasar-pasar tersebut bertujuan untuk menghilangkan kesan pasar tradisional sebagai pusat perdagangan yang kumuh dan kotor, membangun citra positif terhadap pasar tradisional sebagai pusat ekonomi masyarakat, sehingga pasar tradisional tidak terpinggirkan dengan adanya pasar modern.

Lanjutnya, revitalisasi pasar tradisional membantu memberikan solusi dalam rangka menciptakan kawasan bisnis yang tertib, nyaman dan aman serta menyediakan tempat usaha yang layak, baik bagi pedagang formal maupun informal dan juga menampung kepastian tempat usaha.

Persedmian pasar Nambo dihadiri usnur muspida Kota Kendari, Ketua TP-PKK Kota Kendari, pejabat lingkup Kota Kendari dan para tokoh masyarakat dan tokoh agama. (p6-p11/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top