APBD 2017 Masuk Tahap Pandangan Fraksi – FAJAR Sultra
News

APBD 2017 Masuk Tahap Pandangan Fraksi

KENDARI – Rapat paripurna dengan agenda pandangan umum anggota dewan lewat fraksi atas nota penjelasan pemerintah terhadap Raperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD) Kota Kendari Tahun Anggaran 2017, telah digelar di Aula Gedung DPRD, Selasa (22/11).

Sejauh ini, delapan fraksi yang ada di DPRD Kota Kendari yakni, Fraksi PAN, Hanura Bulan Bintang Bersatu, PKS, PDI Perjuangan, Gerindra, Nasional Pemersatu Bangsa, Demokrat, dan Fraksi Golkar menerima penjelasan pemerintah terkait rancangan APBD 2017 mendatang.

Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc bersama Wakilnya, Dr H Musadar Mappasomba SP MP, saat mendengarkan pandangan fraksi, Selasa (22/11), di Gedung DPRD Kota Kendari.

Disamping itu, beberapa fraksi juga memberikan usulan serta pertanyaan terkait penjelasan walikota kendari untuk APBD 2017 mendatang. Fraksi Demokrat misalnya, melalui wakilnya Ilham Hamra meminta kepada pemerintah agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada terutama dari sektor pajak dan retribusi.

“PAD yang bersumber dari pajak dan retribusi parkir kiranya dapat menjadi fokus kedepan, melihat sektor ini belum optimal dimanfaatkan,” ungkap politisi yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Kendari itu.

Sementara, Latifu yang maju mewakili fraksi Nasional Pemersatu Bangsa mengkritisi anggaran belanja pegawai Kota Kendari yang tiap tahunnya mengalami peningkatan. “Jadi, saya usulkan kiranya kinerja aparatur negara kita ini harus bisa lebih baik lagi dalam hal pelayanan publik,” tuturnya.

Sedangkan Fraksi Golkar melalui juru bicaranya, Rizal mengkritisi peningkatan transparansi terhadap pengelolaan keuangan daerah.

“Mewakili golkar pada prinsipnya menyetujui rancangan APBD tahun anggaran 2017 yang disampaikan pemerintah namun kami memberikan catatan penting mengenai transparansi pengelolaan keuangan yang harus ditingkatkan lagi sehingga sehingga fungsi pengawasan optimal kami lakukan,” pintahnya.

Setelah semua fraksi menyampaikan pandangan umumnya, selanjutnya Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc diagendakan menyampaikan jawaban pada sidang paripurna selanjutnya. (m2/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top