BI: Jangan Terpengaruh Isu Rush Money – FAJAR Sultra
News

BI: Jangan Terpengaruh Isu Rush Money

Bachtiar-Zaadi

KENDARI – Bank Indonesia Perwakilan Sultra mengimbau masyarakat tidak terpengaruh isu gerakan penarikan uang massal (rush money) pada 25 November mendatang.

Deputi Manajemen Internal dan Sistem Pembayaran BI Perwakilan Sultra, LM Bahtiar Zaadi mengatakan, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk melakukan rush money.

“Masyarakat tidak perlu terpengaruh dengan isu itu. Bagi kami, yang namanya rush itu terjadi pada kondisi-kondisi tertentu. Sementara kondisi saat ini, tidak ada dasar melakukan rush,” kata Bahtiar saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/11).

LM Bahtiar Zaadi

Bahtiar menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini masih di atas 5 persen, inflasi dikisaran 3 persen, transaksi berjalan dengan baik, neraca pembayaran, hingga sistem perbankan dalam keadaan sehat.

“Kondisi ekonomi kita baik-baik saja. Sistem keuangan kita juga sangat baik. Inflasi juga, itu masih dalam tataran sangat terkendali, dan sistem pembayaran kita juga sangat baik. Sehingga tidak ada dasar untuk melakukan rush money,” imbuhnya.

Bahtiar bilang, jika masyarakat melakukan aksi penarikan uang massal dapat mengakibatkan terganggunya sistem keuangan. Kata dia, apabila sistem keuangan terganggu, perekonomian masyarakat sendiri yang akan merasakan.

“Kalau urusan politik, ya.. urusan politik lah harusnya. Tapi jangan sampai mengganggu sitem keuangan kita, perekonomian kita, yang dampaknya bukan hanya sebagian orang, tapi seluruh masyarakat,” ucapnya.

“Isu itu kalau dalam kondisi seperti ini seharusnya diabaikan. Jika harus rush money, itu harus ada kondisi yang menjadi dasar melakukan itu. Tapi saat ini tidak ada dasar melakukan rush money,” tutupnya. (p9/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top