Kemenkumham Terbitkan Sertifikat Hak Paten Mete Muna – FAJAR Sultra
News

Kemenkumham Terbitkan Sertifikat Hak Paten Mete Muna

RAHA – Kabar gembira sekaligus peluang bisnis yang baik bagi masyarakat dan pengusaha mete di Kabupaten Muna. Pasalnya, produk mete Muna sudah diakui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai mete terbaik di dunia, karena memiliki cita rasa yang enak (khas) serta memiliki biji yang gurih.

Salah satu bukti pengakuan tersebut, Kemenkumham telah mengeluarkan sertifikat hak paten bagi Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Mete Muna yang diserahkan Kemenkumham RI kepada Pemkab Muna pada tanggal 3 November.

“Dengan adanya sertifikat hak paten ini, maka tidak ada lagi daerah yang mengklaim produk mete dari Kabupaten Muna. Selama ini produk mete Muna tapi menggunakan label daerah lain. Kalau masih terjadi maka pelakunya terancam dipidana,” kata Kepala Dinas Pertanian, La Ode Hamalin.

Senin (21/11) Bupati Muna menyerahkan langsung sertifikat indikasi geografis mete Muna, kepada Drs La Ode Gusi, Ketua organisasi masyarakat perlindungan indikasi geografis Mete Muna, di Aula Galampano Kantolalo.

“Kelompok masyarakat ini bersurat ke Dinas Pertanian, meminta agar Mete Muna ini dipatenkan. Dinas Pertanian kemudian memfasilitasi permintaan itu hingga kemudian terbitlah sertifikat hak paten ini dari Kemenkumham,” kata Hamalin.

Mantan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Muna ini menjelaskan, mete Muna memiliki cita rasa yang khas yang tak dimiliki mete lain di seluruh dunia, serta memiliki biji yang gurih.
“Kualitas mete Muna telah diteliti dan dianalisis oleh Balai Penelitian Pertanian Bogor bekerjasama dengan Universitas Haluoleo, hasilnya diperoleh bahwa ada cita rasa yang khas dan enak dari biji mete Muna yang tak dimiliki oleh mete lain di seluruh dunia,” bebernya.

Di dunia, lanjut Hamalin, ada tiga negara penghasil mete terbesar, yakni India, Srilanka dan Indonesia. “Setelah dilakukan uji, banyak yang menyukai Mete dari Indonesia. Sementara di Indoensia, mete Muna adalah yang terbaik diantara enam daerah lain penghasil mete terbesar di Indonesia, diantaranya Jogjakarta, Jawa Timur, NTB, dan NTT,” terangnya. (sra/din)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top