Sejahterakan Petani, Pemprov Apresiasi Agfor – FAJAR Sultra
News

Sejahterakan Petani, Pemprov Apresiasi Agfor

KENDARI – Pemerintah Provinsi Sultra melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengapresiasi kegiatan Agrofestry and Forestry (Agfor), dalam upaya menyejahterakan petani di Sultra melalui berbagai kegiatan.

Kendati Agfor selama ini hanya bergerak di empat daerah selama lima tahun, yakni Kota Kendari, Konawe, Konsel, dan Kolaka Timur (Koltim). Namun pemerintah dan masyarakat petani sangat merasakan perubahan yang signifikan dalam hal merubah kapasitas petani. Hal ini diungkapkan Kepala Bappeda Sultra, Natsir A Baso.

Bappeda Sultra didampingi Wakil Bupati Konawe, Kepala BP4K Konawe, serta Ketua Agrof saat menutup kegiatan Agrof, Selasa (22/11)

Kata Natsir, kegiatan Agfor dalam hal pendampingan, bimbingan hingga dukungan terhadap para petani untuk mengembangkan potensi daearah dengan hasil tani, sangat membantu pemerintah. Sebab kata dia, dengan Agfor petani di empat kabupaten tersebut sangat menunjukan hasil tani yang baik.

Kendati Agfor kedepannya tidak lagi mendampingi, namun Natsir berharap pemerintah masing-masing kabupaten tersebut tetap memantau dan mengkoordinir petani-petani yang selama ini sudah menjadi wilayah dampingan Agfor.

“Kami sangat mengapresiasi Agfor yang sudah membantu petani di Sultra dalam mengembangkan potensi tani di Sultra. Kami sangat merasakan sekali perubahan terhadap para petani. Semoga pemerintah masing-masing daerah tetap memandu dan mengontrol para petani,” imbaunya.

Sementara itu, Koordinator Agfor Provinsi Sultra, Mahrizal mengatakan, pihaknya untuk sementara hanya bisa melakukan pendampingan terhadap empat daerah. Sebab kata dia, selain karena SDM yang mendukung, di empat daerah itu juga sangat didukung dengan sumber daya alam.

Kegiatan Agfor selama lima tahun kata dia, selalu mendampingi melalui pelatihan mulai dari produksi kompos, hingga merawat tanaman. Kegiatan tersebut lanjut Mahrizal hanya semata-mata untuk meningkatkan kapasitas petani.

“Target kita hanya ingin meningkatkan kapasitas petani. Tidak ada iming-iming uang untuk petani agar mengikuti kegiatan ini. Tapi keinginan untuk maju dan berkembang adalah bekal para petani. Semoga kedepan, para petani terus maju, meski kami harus pindah lagi di daerah lain. Kami berharap pemerintah terus mengawal dan mendukung para petani untuk terus maju,” tutupnya. (m4/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top