Siswa SDN 1 Baruga Disentuh Program Gardutaq – FAJAR Sultra
News

Siswa SDN 1 Baruga Disentuh Program Gardutaq

KENDARI – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pengetahuan agama sejak dini, misalnya saja bagaimana mengemas lomba salat duha bagi para siswa, melalui program gardutaq atau gerakan muda bertaqwa.

Program ini dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Kota Kendari, diantaranya di SDN 1 Baruga dengan melibatkan para siswa kelas 5 dan 6, Selasa (22/11), bertempat di halaman sekolah.

Siswa SDN 1 Baruga melaksanakan Salat Duha berjamaah, di halaman sekolah, Selasa (22/11).

Selain salat duha, para siswa juga mengikuti lomba wudu dan azan, sehingga lebih mengkomplitkan kegiatan rangkaian salat.

Adapun lomba salat duha berjamaah yang dilakukan anak-anak SD Negeri 1 Baruga diabadikan melalui video, kemudian dikirim ke Kanwil Kemenag untuk dilakukan penilaian. Banyak sekolah dasar setingkat kota madya yang mengikuti lombat tersebut.

Salah seorang guru pendidikan agama islam SD Negeri 1 Baruga, Jawaria SPd I menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kanwil Kemenag untuk anak-anak yang duduk disekolah dasar, sebagai cara pembentukan siswa-siswi yang bertakwa.

“Sebenarnya kegiatan seperti ini di sekolah kami sudah tidak asing lagi, karena sejak dari dulu hingga sekarang masih rutin dilaksanakan, baik itu membaca surat-surat pendek maupun sholat dhuha berjamaah,” ucapnya.

Pihaknya mengatakan bahwa kegiatan yang seperti ini, adalah kegiatan rutin yang di laksanakan setiap hari jumat mulai pukul 07.00 hingga pukul 08.00.

“Tahun-tahun sebelumnya anak-anak setiap hari jumat membaca surah Yasin, namun saat ini kami mencoba menggantinya dengan membaca surah-surah pendek,” ujarnya.

“Semua berkumpul di halaman sekolah, mulai dari kelas 1 hingga sampai kelas 6. Bersama-sama membaca surah-surah pendek, semakin sering dibaca anak-anak akan lebih mudah menghafalnya,” jelasnya.

Katanya, kegiatan ini membiasakan anak-anak untuk melaksanakan sholat sunah maupun sholat wajib dan juga memudahkan mereka dalam menghafal surah-surah pendek, karena mebacanya secara bersama-sama.

Pihak sekolah mengadakan kegiatan seperti ini, agar kedepannya anak-anak sudah memiliki bekal dikemudian hari serta menjadi bekal ilmu agama. Juga membiasakan anak-anak membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan membiasakan anak-anak untuk selalu menjalankan sholat di rumah. (p11/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top