Badan Penelitian dan Riset Diminta Bangkit Kembali – FAJAR Sultra
News

Badan Penelitian dan Riset Diminta Bangkit Kembali

KENDARI – Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh meminta kepada Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) serta Dewan Riset Daerah (DRD), untuk kembali mengembangkan pusat penelitian dan riset di Sultra. Pasalnya, sejak tahun 2003 berdiri, pusat penelitian tersebut berjalan kurang efektif, asal-asaln, dan terkesan mubazir.

“Padahal, harusnya penelitian tersebut dijadikan sebagai skala prioritas dalam setiap menggagas program-program yang hendak dilaksanakan di Sultra ini,” ujarnya saat menggelar pertemuan dengan pihak Balitbang dan DRD diruangan kerjannya, belum lama ini.

Abdurrahman Shaleh menilai, sejak berdirinya pusat penelitian dan riset tersebut, hingga kini dianggap tidak menggairahkan dan menunjukan kerja-kerja yang maksimal dilapangan. Sementara, banyak program-program yang mestinya badan peneliti bisa berperan aktif utamanya dalam hal pembangunan maupun analisa keuangan daerah.

Sesungguhnya, kata dia, Badan riset ini memiliki peranan penting bahkan bisa menentukan setiap program layak atau tidak. Akan tetapi, hal itu berbanding tidak lurus dengan kenyataan yang ada karena selama ini tidak pernah menunjukan kualias kerja itu. Sehingga, tidak salah pihaknya maupun pemprov Sultra, menganggap keberadaan badan riset di Sultra terkesan mubazir dan asal-asalan.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada badan riset untuk segera merubah mindset tersebut dengan tidak menghilangkan kualitas yang ada, agar kedepan ini bisa diupayakan berjalan maksimal.

Terkait dengan masukan dari pihak balitbang maupun DRD utamanya soal minimnya anggaran, politisi PAN ini berjanji akan segera menyampaikan persoalan tersebut dalam rapat paripurna pembahasan APBD 2017 nantinya. Kalau perlu, untuk menunjang kelancaran penelitian nantinya, pihaknya akan koordinasikan dengan pihak CSR perusahaan tambang salah satunya PT Antam untuk ikut membantu.

“Jelasnya, sekarang ini yang kita butuhkan adalah bagaimana menggairahkan serta memaksimalkan penelitian ini di Sultra, persoalan anggaran itu belakangan yang terpenting kita kerja dulu. Kala perlu, saya juga bisa membantu menganggarkan itu,” akuinya.

Daikhir diskusinya, Abdurrahman meminta kepada pihak Balitbang dan DRD, untuk segera Road Show melakukan koordinasi dengan Gubernur dan Wagub atas niatan untuk kembali membesarkan pusat penelitian di Sultra.

“Biar bagaimanapun, Pemprov Sultra juga hampir sama dengan pemikiran kita awalnya yakni menganggap keberadaan pusat penelitian di Sultra tidak berjalan efektif. Nah inilah, tanggung jawab kalian, untuk meyakinkan pemerintah atas niatan segera kembali membesarkan pusat penelitian di Sultra,” pesannya. (p8/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top