BPKAD Sultra Harus Perketat Pengawasan Aset – FAJAR Sultra
News

BPKAD Sultra Harus Perketat Pengawasan Aset

KENDARI – Ketua Komisi I DPRD Sultra, Taufan Alam menegaskan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sultra, untuk serius bekerja dalam mengamankan serta mengawasi aset-aset milik Pemprov Sultra.

Pernyataan tersebut, seiring dengan adanya temuan dari dewan soal banyaknya aset-aset yang tidak diawasi dan terkesan tidak dipeliharan dengan baik, salah satunya yakni hilangnya sejumlah atap pada kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang tidak diketahui dimana rimbanya.

Taufan Alam ST

“Kita mempertanyakan atap-atap pada kantor Dinas PU yang sudah tidak ada, dikemanakan dan siapa pelakunya. Itukan aset daerah, mesti harus jelas laporannya,” tegas Taufan.

Sementara itu, kata Taufan sapaan akrabnya, hingga kini belum ada laporan dari BPKAD selaku yang menangani masalah aset, dikenamakan aset-aset tersebut.

Padahal, pada saat pembahasan Pansus sebelumnya trekait dengan pembahasan perda Kelembagaan daerah, BPKAD ngotot memperjuangkan pengelolaan aset melekat pada bidang tersebut dan menolak untuk dibentuk biro tersendiri.

Harusnya, jelas dia, dengan mempertahankan pengelolaa aset melekat, maka BPKAD harus bisa bekerja lebih maksimal lagi. Bukannya, malah membiarkan aset-aset daerah hilang begitu saja dan lepas dari kontrol pemerintahan.

“Kita juga sangat menyayangkan, atas kurangnya pemeliharaan terhadap aset-aset daerah lainnya seperti tugu persatuan yang sudah mulai berkarat. Kita berharap, nantinya ini menjadi perhatian penuh pemerintah untuk lebih memperhatikan lagi pemeliharaan dan perawatan pada semua aset yang kita miliki meskipun kecil nilainya,” paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada pihak BPKAD Sultra, untuk segera mencari aset-aset yang telah hilang serta mengontrol perawatan pada setiap aset milik Pemprov Sultra.

Terkait dengan anggaran khususnya biaya perawatan aset, tambah dia, mudah-mudahan pada tahun-tahun berikutnya bisa dipikirkan ulang regulasinya untuk dimasukan dalam pembahasan APBD tahun mendatang.

“Biaya pemeliharaan aset sangat penting untuk diusulkan, tentunya kita di DPRD akan berusaha untuk memperjuangkannya,” tandas politisi Demokrat ini. (p8/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top