Dandim Sebut Pelajar Muna Dikepung Narkoba – Hacked by TryDee
News

Dandim Sebut Pelajar Muna Dikepung Narkoba

RAHA – Potensi konflik tak bisa dihindarkan dalam kehidupan bermasyarakat. Namun potensi itu bisa diminimalisir, jika masyarakat sadar tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta mengedepankan rasa kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah.

Atas dasar potensi konflik itu dan demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, Kodim 1416/Muna, Senin (21/11) menggelar sosialisasi bertajuk Perspektif Ancaman Indonesia di Muna. Sosialisasi menghadirkan ratusan pelajar SMA di se-Kabupaten Muna, instansi pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Sosialisasi tentang perspektif ancaman Indonesia di Muna, Senin (21/11).

Komandan Kodim 1416/Muna, Letnan Kolenel ARH Hendra Gunawan mengatakan, potensi bahaya ancaman terhadap persatuan dan kesatuan selalu ada di masyarakat, sehingga dibutuhkan pemahaman dan pengertian bersama untuk meminimalisir potensi ancaman tersebut, agar tidak menimbulkan perpecahan.

Kodim Muna sengaja mengajak para pelajar SMA untuk mengikuti kegiatan ini, karena mereka adalah generasi muda yang akan melanjutkan estafet perjuangan bangsa. “Generasi muda harus dibentengi dengan jiwa nasionalisme dan semangat bela negara, agar mereka tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif. Di Muna, angka tertinggi penyalahguna narkoba adalah pelajar,” jelasnya.

Hendra menjelaskan, narkoba adalah salah satu bentuk penjajahan terhadap generasi muda. “Kita harus belajar pada sejarah, saat negara China sangat perkasa di dunia. Prancis dan Inggris saja bahkan takut kepada China. Tapi mereka berhasil dilemahkan dengan narkoba. Banyak perwira China yang terjerumus dengan narkoba, sehingga China melepas, Hongkong, dan Macaw,” tambahnya.

Dia berharap, sosialisasi mampu memberi penyadaran kepada masyarakat, terutama generasi muda untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, tidak mudah terprovokasi dan menciptakan Indonesia sebagai negara maju.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Kepala Kesbangpol Muna Barat, La Ode Andi Muna. Ia mengatakan, semangat persatuan dan bela negara harus menjadi semangat yang tertanam dalam jiwa seorang warga negara. “Indonesia adalah negara yang kaya akan potensi sumberdaya alam, hal ini akan menjadi pusat perhatian dunia karena posisinya yang sangat strategis bagi bangsa lain. Ancaman perpecahan kita harus waspadai, agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga,” kata Andi Muna. (sra/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top