Gelar Alumni IAIN Disamakan PT Umum – FAJAR Sultra
News

Gelar Alumni IAIN Disamakan PT Umum

Wisuda-IAIN-Kendari-1024x565

KENDARI – Sebanyak 297 mahasiswa IAIN Kendari mengikuti wisuda program sarjana dan pascasarjana ke-2 tahun 2016, pada Selasa (22/11). Di wisuda kali ini untuk pertama kalinya, gelar sarjana dan magister IAIN Kendari telah disamakan dengan gelar Perguruan Tinggi (PT) Umum, yakni alumni FTIK mendapat gelar Sarjana Pendidikan, Fakultas Syariah (Fasya) mendapat gelar SH, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dengan gelar SE dan alumni Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) mendapat gelar Sarjana Sosial.

Wisuda program sarjana dan pascasarjana ke-2 2016 IAIN Kendari, Selasa (22/11).

Rektor IAIN Kendari Nur Alim, memaparkan, dari 297 wisudawan yang ada berasal dari program sarjana yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 183 orang, Fakultas Syariah 47 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 27 orang dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah 25 orang. Sedangkan pada Program Pascasarjana sebanyak 14 orang.

“Seperti acara wisuda lainnya, kita pun akan memberi penghargaan kepada wisudawan terbaik. Namun wisudawan terbaik ini tidak hanya dilihat dari IPK tertinggi saja. Tetapi kami memiliki basis penilaian yang diseleksi dari masing-masing fakultas,” ungkapnya di Auditorium IAIN Kendari.

Wisudawan terbaik IAIN kali ini diraih oleh alumni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sinarwati Labinda. Nur Alim menambahkan, basis penilaian itu ialah kemampuan berbahasa asing (Arab dan Inggris), prestasi pada bidang pengembangan minat dan bakat, kemampuan membaca dan menulis Alquran, Etika, Integritas dan aktifitas organisasi selama menjalani masa kuliah.

“Penetapan basis penilaian penentuan wisudawan terbaik tersebut berdasarkan pertimbangan proporsional, mengingat keunggulan IPK bukan satu-satunya acuan untuk menentukan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

Dirinya, berharap alumni IAIN Kendari adalah SDM yang paripurna, dari kualitas akademik maupun aspek lainnya seperti integritas, profesionalitas, kemampuan komunikasi dan aspek-aspek penunjang kesuksesan lainnya. Karena itulah tahun ini pihaknya mengadakan penilaian kembali terhadap penetapan wisudawan terbaik.

Sementara itu, Asisten III Setprov Sultra Saemu Alwi, mengatakan, sebagai perguruan tinggi maka IAIN Kendari ikut bertanggung jawab meningkatkan kualitas SDM di Sultra. Tentu, lanjut dia, peningkatan kualitas tersebut harus dibarengi dengan peningkatan fasilitas dan tenaga pendidik.

“Untuk itu, dari pemerintah sendiri, kerjasama yang dijalani dengan pihak kampus diharapkan tidak hanya sebatas pada riset saja melainkan hingga peningkatan kualitas dosen. Karena dosen adalah garda tersepan dalam memajukan SDM,” tutupnya.

Kegiatan wisuda ini juga dihadiri oleh pejabat tinggi sultra, rektor perguruan tinggi Islam yang ada di Sultra serta Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama RI, Achmad Gunaryo yang didaulat untuk membawakan orasi ilmiah. (m2/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top