Pengelolaaan Kawasan Transmigrasi Konawe Terbaik se-Indonesia – FAJAR Sultra
News

Pengelolaaan Kawasan Transmigrasi Konawe Terbaik se-Indonesia

UNAAHA – Evaluasi pemerintah pusat terhadap realiasasi program transmigrasi Tahun 2016 menempatkan Kabupaten Konawe dalam urutan ke-6 kategori Pengelolaan Kawasan Transmigrasi Terbaik se-Indonesia. Prestasi diumumkan Dirjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi (PKP2 Trans) di hadapan perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Konawe saat pertemuan di Batam belum lama ini.

Perolehan prestasi membanggakan ini turut dibenarkan Kepala Disnakertrans Konawe, Ir Joni Pisi. Di wilayah Sulawesi Tenggara, Kabupaten Konawe bersaing dengan Kabupaten Konawe Utara yang turut menjalankan program pengembangan transmigrasi tahun 2016 ini.

“Iya. Baru-baru diumumkan kalau Konawe itu masuk urutan Ke-6 terbaik. Kita sangat senang, program transmigras yang digulirkan pemerintah pusat di Konawe tahun 2016 terlaksana sesuai target bahkan masuk dalam penilaian terbaik se-Indonesia,” terang Joni Pisi.

Tahun 2016, Kabupaten Konawe menjadi salah satu sasaran program pengembangan Kawasan Transmigrasi baru oleh pemerintah pusat. Lokasi pembangunan kawasan transmigrasi yang dibiayai lewat dana APBN ini mengambil lokasi Desa Parudongka Kecamatan Latoma.

Penggarapan kawasan transmigrasi itu kini telah memasuki tahap finish. Awal Desember Disnakertrans akan melakukan serahterima hunian pada 75 KK transmigran yang akan menjadi penghuni baru kawasan Transmigrasi Parudongka.

Kata Joni, dari sekian indikator penilaian, ada dua aspek yang menjadi alasan program pembangunan Kawasan Transmigrasi di Desa Parudongka didaulat sebagai kawasan pengembangan transmigrasi terbaik se-Indonesia. Dua aspek dimaksud adalah kondisi fisik lapangan dan ketepatan waktu penyerapan anggaran.

“Kondisi fisik lapangan baik. Fasilitas sarana prasarana di kawasan transmigrasi dibangun dengan sangat memadai. Pengelolaan dananya maksimal. Penyerapan anggaran tepat waktu,” jelasnya lagi.

Reward dari pemerintah pusat, lanjut Joni, tentu saja akan menjadi motivasi bagi aparat Disnakertrans Konawe untuk bekerja lebih maksimal melaksakan seluruh program pemerintah pusat. Dengan begitu, program pemerintah pusat pun bisa turut menopang kesuksesan program pembangunan yang digagas pemerintah daerah. (lin/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top