Rp51 Miliar untuk Atasi Krisis Air Bersih – Fajar Sultra
News

Rp51 Miliar untuk Atasi Krisis Air Bersih

RAHA – Krisis air bersih di Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna, menjadi salah satu fokus perhatian Bupati dan Wakil Bupati Muna, Rusman Emba dan Abdul Malik Ditu. Pasangan yang dilantik 2 September 2016 ini memngejar dana hingga ke pemerintah pusat.

Hasilnya, kurun dua bulan, Bupati Muna berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk menurunkan dana Rp51 miliar di Kecamatan Kontunaga untuk membenahi seluruh persoalan air bersih di wilayah itu. “Alhamdulillah Kecamatan Kontunaga akan mendapat kucuran dana APBN sebesar Rp51 miliar pada tahun 2017 mendatang,” kata Rusman.

Ia mengatakan, dana tersebut untuk membiayai pembenahan sarana dan prasarana air bersih di Kecamatan Kontunaga, hingga air bisa mengalir sampai ke rumah-rumah warga. Mengenai sumber mata air, Pemkab Muna akan memanfaatkan mata air di sekitar Kontunaga.

Selama bertahun-tahun, masyarakat Kontunaga dan sekitarnya menghadapi krisis air bersih. Mereka hanya bisa memperoleh air bersih dengan sistem tadah hujan, atau membeli air bersih dari penjual air keliling. Pemkab Muna memperkirakan, miliaran uang masyarakat dihabiskan hanya untuk membeli air bersih.

Rusman bilang, program pelayanan air bersih ini merupakan salah satu program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Muna. Di Muna, sejumlah kecamatan mengalami krisis air bersih, seperti di Kecamatan Watopute, Duruka, Kontunaga, Loghia dan Tongkuno. (sra/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top