Rusman-Malik Jaring Aspirasi Dinas – FAJAR Sultra
News

Rusman-Malik Jaring Aspirasi Dinas

RAHA – Dibawah kendali Rusman Emba-Malik Ditu, Pemkab Muna memiliki sembilan program prioritas. Agenda ini akan dituntaskan dalam waktu lima tahun ke depan.

Sembilan program prioritas itu yakni, pertama revitalisasi pemerintahan daerah. Kedua, pemberdayaan dan pengembangan ekonomi dan pemerintaan desa. Ketiga, pemberdayaan perempuan dan pemuda. Keempat, percepatan pemerataan insfrastruktur. Kelima, revitalisasi tata ruang wilayah. Keenam, swasembada pangan dan optimalisasi potensi perikanan. Ketujuh, pemenuhan pelayanan dasar masyarakat. Kedelapan, pengembangan ekonomi kawasan (lokal dan regional) pariwisata. Kesembilan, revitalisasi nilai-nilai religius, budaya, dan nilai-nilai kemanusiaan.

Sembilan program prioritas tersebut telah dirumuskan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021. Senin (21/11), Pemkab Muna menggelar Musyawaran Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembang) RPJMD Muna di Aula Galampano Kantolalo, diikuti seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kegiatan itu dimaksudkan untuk menjaring aspirasi SKPD, demi penyempurnaan RPJMD tersebut, sehingga hasilnya dapat menjawab seluruh persoalan masyarakat di Muna.

Dalam sambutannya, Bupati Muna memaparkan, poin-poin penting dalam RPJMD diantaranya menjadikan Muna sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia, karena Muna memiliki potensi wisata alam yang cukup unik dan indah. Ia meyakini, jika Muna menjadi salah satu destinasi wisata, akan meningkatkan laju perekonomian masyarakat Muna, melalui penyediaan jasa dan fasilitas pariwisata.

Selain pariwisata, Bupati juga menyinggung soal potensi pertanian di Muna yang diharapkan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat. “Muna memiliki potensi areal pertanian seluas 123 ribu hektar. PT Sidomuncul hanya butuh 20 ribu hektar, sudah berani bangun pabrik. Saya kira ini potensi yang sangat luar biasa yang bisa kita manfaatkan untuk menjawab persoalan-persoalan yang muncul di bidang pertanian,” tambahnya. (sra/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top