Siswa SMK Satria Ciptakan Alat Pemanjat Kelapa – Hacked by TryDee
News

Siswa SMK Satria Ciptakan Alat Pemanjat Kelapa

KENDARI – Dua siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Satria Kendari Riki dan Edi menciptakan alat pemanjat kelapa. Inovasi itu mengantarkan mereka meraih juara I Lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2016 tingkat Kota Kendari kategori SMA/SMK/MTs.

Kegiatan tersebut digelar oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Kendari di Taman Kota Kendari, Kamis (17/11) lalu.

Dua siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Satria yang meraih juara 1 lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2016.

Kepala SMKS Satria Kendari, La Ressi mengatakan, lomba cipta inovasi TTG kategori SMA/SMK/MTs diikuti oleh enam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari dua hingga tiga siswa. Siswa SMK Satria memenangi lomba dengan menciptakan alat pemanjat kelapa.

“Mereka memilih alat itu karena masih banyak masyarakat yang memanjat pohon kelapa tidak menggunakan alat, dan itu resiko kecelakaan masih tinggi. Alat ini, selain dapat mengurangi resiko kecelakaan, juga mempermudah,” ujar La Ressi saat ditemui di ruang kerjanya di SMKS Satria Kendari, Selasa (22/11).

Ia menyebutkan, ini bukan pertama kalinya SMKS Satria juara satu dalam lomba cipta inovasi TTG. Pada lomba yang sama, tahun 2015 pihaknya juga meraih juara satu dengan tim yang sama.

“Mereka satu tim yang dibimbing langsung oleh pak Ahmad, salah satu guru kami. Mereka juga meraih juara satu lomba cipta inovasi TTG tahun kemarin,” tuturnya.

La Ressi menambahkan, lomba cipta inovasi TTG digolongkan ke dalam 3 kategori, diantaranya kategori SMA/SMK/MTs, kategori mahasiswa, dan kategori umum.

Ahmad, pembimbing siswa SMKS Satria juga mengikuti lomba cipta inovasi TTG kategori umum, dan ia berhasil meraih juara 2.

Pihaknya berharap, dengan prestasi yang diraih oleh siswa maupun guru SMKS Satria dapat mengangkat nama sekolah. Selain itu, lanjut La Ressi, dengan kemenangan yang telah diraih pihaknya merupakan suatu kebanggaan bagi SMKS Satria.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami, khususnya SMK Satria, karena selama berturut-turut dua tahun meraih juara satu. Semoga ini tetap kita pertahankan, sehingga kedepan kita bisa kembali meraih juara satu,” imbuhnya.(p9/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top