Wow, Ombudsman Sultra Terima 231 Laporan. Terbanyak Soal Penyimpangan…. – FAJAR Sultra
News

Wow, Ombudsman Sultra Terima 231 Laporan. Terbanyak Soal Penyimpangan….

download-22

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Ombudsman Sultra telah menerima 231 pengaduan atas ketidakprofesionalan lembaga pemerintah daerah. Angka itu merupakan rekapan sejak Januari hingga November 2016 ini. Jumlah laporan tersebut meningkat dibanding tahun 2015 lalu yang hanya sekitar 100 lebih aduan saja.

Asisten Ombudsman RI Perwakilan Sultra, Rudi mengatakan, ada beberapa jenis laporan yang diterima. Mulai dari dugaan maladministrasi, penyimpangan prosedur, penyalahgunaan wewenang, tak memberikan pelayanan, penundaan berlarut, tidak kompeten, permintaan uang, barang dan jasa, berpihak dan diskriminatif yang dilakukan pemerintah daerah maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan BUMN.

Pengaduan terhadap kinerja pemerintah mencapai 120 kasus, kepolisian ada 22 laporan, Badan pertanahan Nasional 18, Lembaga Peradilan dan Perguruan Tinggi masing-masing 7 pengaduan, kejaksaan ada 4, termasuk beberapa keluhan pada Perbankan, Kementerian, Rumah Sakit serta DPR.

“Laporan yang diterima berasal dari 15 kabupaten/kota di Sultra. Ada yang telah diproses sampai ditutup. Namun ada juga yang masih tahap klarifikasi,” jelas Rudi, Rabu (23/11). Ia merinci, dari ratusan laporan tersebut ada 64 pengaduan masyarakat atas penyimpangan prosedur. “Persentasenya masih tetap, peringkat tertinggi dilakukan pemerintah daerah,” ujarnya.

Dari 231 laporan yang diterima, menurut Rudi 113 sudah ditutup atau telah dilakukan klarfikasi. Selebihnya 117 masih dalam proses. Dari laporan ini ada kemungkinan masih akan terus bertambah hingga Desember 2016 mendatang. (c/ade)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top