80 Persen Jalan Provinsi di Butur Belum Diaspal, Ini Nih…. – FAJAR Sultra
News

80 Persen Jalan Provinsi di Butur Belum Diaspal, Ini Nih….

KENDARIPOS.CO.ID BURANGA- Sepanjang 109 kilo meter (km) ruas jalan di Kabupaten Buton Utara menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara. Sejauh ini ruas jalan itu kondisinya masih cukup memprihatinkan. Sekira 80 persen masih belum teraspal dan hanya dalam bentuk pengerasan. Sehingga debu kerap membuat resah masyarakat setempat yang melintasi ruas jalan tersebut.

Plh Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Buton Utara, Alimin menuturkan, jalan yang menjadi tanggung jawabnya Pemprov Sultra tersebut melintasi Desa Mata-Bubu, Bubu-Ronta, Ronta-Lambale dan Lambale- Ereke. Dimana, kata dia, ruas jalan itu mencapai 109 kilo meter.

“Ruas jalan tersebut masuk dalam kolektor K2 yang menjadi tanggung jawab Pemprov Sultra,” ujar Alimin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/11). Alimin tak menampik, kondisi jalan tersebut mayoritas belum teraspal dan masih dalam bentuk pengerasan sehingga debu kerap berterbangan dimana-mana jika musim kemarau datang.

Mantan Kepala Biro Hukum Kabupaten Buton Utara ini menambahkan, untuk jalan kolektor primer K1 di Butur sepanjang 39 kilo meter menjadi tanggung jawab pemerintah pusat terletak pada ruas jalan Labuan-Maligano kini telah teraspal. “Untuk ruas jalan yang menjadi tanggung jawab kabupaten mencapai 153 kilo meter. Yakni, meliputi ruas jalan Maligano-Ronta, Ereke-Waode Buri-Labuan, Waode Buri-Lelamo, Ereke-Lemo, Bonerombo-Bonelipu, Lasiwa-Langkumbe, dan Labuan-Kurolabu. Dimana ruas jalan tersebut masuk dalam jalan kolektor primer K4 tertuang dalam Perda RT RW no 52 tahun 2012, ” terangnya.

Alimin mengatakan, upaya pemulusan jalan terus ditingkatkan termasuk yang menjadi tanggung jawab Pemprov Sultra. Untuk tahun ini, kata dia, pengerasan jalan kembali dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada pengendara yang melintasi jalan poros Bau-Bau-Ereke . “Untuk tahun ini sepanjang 500 meter jalan di Kecamatan Kambowa telah dilakukan pengaspalan yang merupakan tanggung jawab Pemprov Sultra dan kini telah rampung,” tandasnya. (had/c)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top