Diduga Ada Korupsi pada Pembangunan RTLH Konkep – FAJAR Sultra
News

Diduga Ada Korupsi pada Pembangunan RTLH Konkep

♦ Polda Mulai Lakukan Penyelidikan

KENDARI – Diduga ada korupsi pada proyek pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Diknasketrans) Konawe Kepulauan (Konkep).

Penyidik Tindak Pidana Korupsi yang telah menangani kasus itu, saat ini tengah melakukan pengusutan dan serangkain proses penyelidikan terhadap kasus dimaksud.

Sekitar beberapa saksi sementara dimintai keterangannya, untuk mengklarifikasi terkait ada atau tidaknya dugaan tindak pidana korupsi, terhadap proyek yang ditangani oleh Disnaketrans Konkep itu.

Sementara itu, Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh saat dikonfirmasi, membenarkan adanya pengusutan pada laporan dugaan korupsi pembangunan RTLH pada tahun anggaran 2015 itu.

“Sementara dalam proses penyelidikan, penyidik juga telah memintai keterangan sejumlah saksi yang dianggap bertanggungjawab atas laporan tersebut dan masih akan ada penambahan saksi lagi,” kata Dolfi.

Menurut Dolfi, kasus ini dilaporkan ke Polda Sultra pada bulan lalu oleh kelompok masyarakat Konkep. Atas proyek sesui dengan laporan itu dinilai merugikan masayarakat. “Belum diringkatkan satutsanya, masih tahap penyelidikan,” tuturnya.

Dolfi enggan menyebutkan sejumlah saksi yang telah diperiksa tersebut. Akan tetapi katanya, pemeriksaan itu untuk mengumpulkan bukti-bukti kuat sebelum melangkah ketahap selanjutnya.

Dolfi juga mengungkapkan bahwa Penyidik yang menangani ini selain melakkukan pemeriksaan saksi mereka juga masih menunggu hasil penelusuran Badan Pemeriksa keuangan (BPK) terkait seberapa besar kerugian negara yang diakibatkan oleh Proyek fiktif tersebut.

Dugaan Korupsi pada proyek pembangunan RTLH bertempat di Kecamatan langara, Konkep tersebut dilaporkan oleh sejumlah masayarakat ke Polda Sultra pada bulan kemarin. Dengan didisposisi langsung oleh Kapolda Sultra Brigjend Pol Agung sabar Santoso, penyidik langsung memulai proses penyelidikan. (p2/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top