Dua Ibu Terindikasi Mengidap Kanker Mematikan – FAJAR Sultra
News

Dua Ibu Terindikasi Mengidap Kanker Mematikan

WANGGUDU – PT BPJS Konawe Utara melakukan deteksi dini pengidap kanker serviks atau mulut rahim di Konawe Utara. Deteksi dini dilakukan untuk mencegah pengidap kanker mematikan itu.

Dalam kegiatan itu, PT BPJS bekerjasama dengan Pemkab Konawe Utara. BPJS mengandeng Dinas Kesehatan Konawe Utara dan beberapa tenaga medis dilibatkan untuk memeriksa para ibu di daerah itu.

Kepala BPJS Konawe Utara, Zulkifli mengatakan jika kegiatan pencegahan kanker serviks ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan nasional. Kegiatannya dirangkaikan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

“Ini adalah kegiatan yang juga sekaligus sejalan dengan gerakan nasional dengan memberikan pengetahuan kepada warga dan cara pencegahannya,” katanya, Kamis (24/11).

Zul mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan kepada seluruh ibu di Konawe Utara. Tidak hanya bagi ibu-ibu PGRI. Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap. Deteksi dini dilakukan untuk mengetahui penderita kanker. Jika masih dalam gejala, maka perlu diberikan upaya pencegahan sebelum penyakit ini parah.

“Penyakit ini pada stadium awal, tidak terdeteksi karena gejalanya hampir tidak ada. Nanti pada stadium II dan III baru keliatan, dan stadium ini penyakit susah parah dan sudah sulit untuk disembuhkan,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pada tahap awal, dari 50 ibu yang diperiksa ditemukan dua orang yang terindikasi mengidap penyakit ini. Jumlah itu terbilang sangat banyak jika dilihat dari rasio ibu yang diperiksa.

“Dua itu sudah terbilang banyak, karena yang kita periksa ini baru 50 orang. Rencananya hari ini kita periksa sekitar 200 orang lagi,” Tuturnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Konawe Utara, Hj Nurponira yang turut melihat langsung pemeriksaan mengatakan sangat merespon kegiatan ini. Dirinya secara pribadi dan kelembagaan mensuport BPJS.

Ibu bupati ini juga bahkan telah mengarahkan masing-masing tim penggerak PKK kecamatan untuk aktif turut serta dalam kegiatan itu.

“Saya sangat suport. Kegiatan ini akan kita lakukan disetiap kecamatan. Kita tidak inginkan, ibu-ibu di Konut menderita penyakit ini. Adapun yang sudah terdeteksi, kita tidak ingin mereka berjuang sendiri. Kita akan bantu dan suport mereka,” ungkapnya. (hdi/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top