KPU Antisipasi e-KTP Palsu – Hacked by TryDee
News

KPU Antisipasi e-KTP Palsu

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menegaskan kalau warga yang tidak terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) masih bisa menyalurkan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS). Yang jelas, warga tersebut memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dan surat keterangan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Meski memiliki hak seperti itu, namun KPU akan mengantisipasi jangan sampai ada oknum tertentu yang memalsukan e-KTP atau surat keterangan kependudukan dari Disdukcapil.

Ketua KPU Kendari Hayani Imbu mengatakan untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi, pihaknya telah mengusulkan ke Disdukcapil agar memberikan rekapitulasi data bagi warga yang sedang mengurus e-KTP atau surat keterangan kependudukan setelah DPT ditetapkan.

“Jadi mulai 6 Desember 2016 sampai 14 Februari 2017, kita minta Disdukcapil supaya bisa memberikan rekapitulasi data (warga yang merekam e-KTP dan mendapatkan surat keterangan kependudukan),” jelasnya saat ditemui di Kendari, Kamis (24/11).

Menurutnya data tersebut bisa digunakan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk mengkonfirmasi kebenaran e-KTP dan surat keterangan kependudukan yang ditunjukkan oleh warga tersebut ketika di tempat pemungutan suara (TPS).

“Jadi ketika ada yang meragukan e-KTP dan surat keterangan kependudukannya, maka petugas dan tim kampanye pasangan calon bisa langsung mengkonfirmasi. Kan dalam data tersebut punya data base. Jadi kalau warga yang belum terdata dalam DPT lalu dia bawa e-KTP dan surat keterangan kependudukan pada saat pencoblosan bisa dilihat rekapitulasi datanya,” katanya.

Dia berharap tidak ada masyarakat yang memalsukan e-KTP dan surat keterangan kependudukan. Pasalnya, pelaku pemalsuan akan bisa dikenakan pasal berlapis. Selain melanggar aturan kependudukan, warga tersebut juga akan dikenakan sanksi tindak pidana pemilu. (*/a)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top