Tersisa 6.042 DPS Bermasalah – FAJAR Sultra
News

Tersisa 6.042 DPS Bermasalah

LAWORO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menyebut Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada yang bermasalah masih cukup banyak. Tercatat 6.042 DPS yang belum merekam data KTP elektronik sebagai syarat wajib untuk masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Hasil pengecekan kami, dari 8.532 DPS yang belum memiliki KTP elektronik, yang masuk dalam database kependudukan hanya 2.505 yang dipastikan bisa masuk DPT. Sisanya 6.042 belum pasti memiliki identitas kependudukan, sehingga terancam tidak dapat menggunahkan hak pilihn saat Pilkada 2017 mendatang,” jelas Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil, Imran, Rabu (23/11).

Untuk memudahkan masyarakat menuntaskan DPS bermasalah itu, Disdukcapil menggunakan Surat Edaran Mendagri No. 741.13/11691/Dukcapil tanggal 3 November 2016. Salah satu poinnya adalah, kepala desa/lurah menfasilitasi dan menyampaikan kepada wargannya menyetor dokumen pendukung berupa fotocopy KK, ijazah atau surat nikah yang disyahkan.

“Nanti pemerintah desa atau kelurahan mengeluarkan surat keterangan pengantar secara kokektif tentang keabsahan domisili penduduk dan di antar ke kantor Disdukcapil,” jelasnya.

Imran mengatakan, metode kolektif ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan surat keterangan domisili. Cara seperti ini juga menghindari mobilisasi massa di Disdukcapil. “Kasian juga masyarakat tiap hari datang di sini, mengantre sampai sore, mending kita fokus di desa. Nanti desa yang bawa di sini, dan kalau ada masyarakat yang mau datang mengurus itu juga tidak apa-apa pasti kita layani,” ujarnya. (p1/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top