Pengisian OPD Baru, Kewenangan Gubernur – FAJAR Sultra
News

Pengisian OPD Baru, Kewenangan Gubernur

KIRIAN24-kepala-SKPD-1

KENDARI – Pengisian jabatan di jajaran Pemprov Sultra, dalam rangka pelaksanaan dan pengisian organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru, jadi hak perogratif Gubernur Sultra, Nur Alam selaku pejabat pembinan kepegawaian di lingkup provinsi.

Syahruddin Nurdin

Dirombak total, ataupun hanya dilantik kembali tanpa ada pergantian. Tetap masih menunggu keputusan Gubernur Nur Alam. Demikian diungkapkan Kepala Biro Organisasi Setda Sultra, Syahruddin Nurdin.

“Kita belum tau pastinya. Apakah akan dirombak atau tidak itu kewenangan gubernur. Yang jelas, semua pejabat akan dilantik kembali, sesuai dengan penataan organisasi perangkat yang baru,” ujar Syahrudin.

Diperkirakan paling lambat pertengahan Desember 2016, keputusan terkait pengisian jabatan dan posisi kepala SKPD telah ditetapkan. Sehingga paraturan gubernur dalam penyusuanan OPD baru segera disahkan.

Setidaknya, ada 44 kepala SKPD baik dinas, badan, maupun kantor dan biro yang akan ditetapkan dan dilantik kembali oleh Gubernur Sultra. Semeantara, kata dia saat ini pergub OPD sementara dalam tahap evaluasi dan finalisasi.

Hanya saja memang, kata dia berdasarkan jumlah SKPD yang mengacu pada OPD baru yakni 29 dinas, 9 badan, 9 biro atau berjumlah 44 SKPD. Namun disisi lain, imbas dari penantaan kelembaga yang baru, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, mengakibatkan 45 pejabat Pemprov kehilangan jabatannya.

Diantaranya dari pejabat eselon II, III dan IV, dimana untuk pejabat eselon II hanya satu pejabat, sedangkan sisanya 44 pejabat berasal dari eselon III dan IV. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top