Terbiasa Menang Lomba, Pernah Diundang ke Istana Presiden – Hacked by TryDee
News

Terbiasa Menang Lomba, Pernah Diundang ke Istana Presiden

♦ Aslam, Juara Lomba Baca Puisi Digelar Harian Rakyat Sultra

Siapa sangka, bait-bait puisi yang dibacakan Aslam Abdurrahman Azis, siswa SDN 8 Baruga dengan penuh rasa, tidak hanya mengantarkan dirinya menjadi juara di berbagai lomba karya dan seni. Tetapi juga mampu membanya ke istana kepresidenan.

Aslam Abdurrahman

Berangkat dari Pertandingan Olahraga dan Seni (Porseni) yang biasanya dilaksanakan usai ujian semester, ternyata tidak hanya menjadi ajang mempererat silahturahmi antar warga sekolah. Di SDN 8 Baruga, Porseni menjadi tempat untuk menemukan bakat siswa. Salah satunya Aslam yang ternyata piawai dalam membaca puisi.

Prestasi Aslam Abdurrahman membaca puisi memang tidak diragukan lagi. Meski masih tercatat sebagai siswa sekolah dasar, tetapi bakatnya patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, melalui puisi dia pernah mengikuti lomba cipta seni pada tanggal 10 hingga 13 September 2015 di Istana Cipanas Bogor.

Tidak itu saja, dia juga pernah diundang di Istana Negara saat Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat sebagai Presiden RI pada 2014 kemarin. Bahkan, baru-baru ini Aslam juga menjuarai lomba puisi yang digelar Harian Rakyat Sultra.

Prestasi-prestasi tersebut tidak lepas dari bimbingan guru dan dukungan orang tua. Terlebih, Porseni yang diadakan sekolah, mengikuti pertandingan yang diselenggarakan oleh pusat. Sehingga setiap tahun jenis pertandingan yang diadakan di SDN 8 Baruga sangat beragam. Salah satu alasannya adalah pihak sekolah ingin menggali dan mengenali bakat yang ada didalam diri anak sejak dini.

Bahkan, dari lomba antar kelas itulah, menjadikan sekolah yang kini dipimpin Herdia kaya akan prestasi dan menjuarai lomba-lomba yang diadakan baik kota, provinsi, hinga tingkat nasional khususnya dibidang seni.

Seperti, juara satu lomba bercerita untuk tingkat kota yang diadakan oleh Perpustakaan Daerah Sultra. Serta, mewakili Sultra ke tingkat nasional pada lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) di Palembang pada tahun 2015.

Tidak hanya di Porseni, siswa-siswi SDN 8 Baruga juga kerap dilatih di luar jam sekolah sebagai persiapan jika suatu saat akan mengikuti perlombaan.

Guru SDN 8 Baruga yang juga pembimbing Aslam, Yane mengungkapkan, dengan mengikuti lomba-lomba semacam itu dia berharap bakat anak-anak semakin berkembang. Yane berharap ada dukungan dari pemerintah terkait prestasi-prestasi yang dimiliki anak daerah.

Apalagi siswa SDN 8 Baruga mewakili Sultra untuk Lomba Cipta Puisi membuktikan bahwa siswa-siswi Sultra memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan anak dari daerah lain.

“Berbagai prestasi yang dimiliki SDN 8 Baruga juga mampu mengangkat nama sekolah ini di masyarakat. Artinya, meskipun sekolah berada dipinggiran kota tetapi mampu memiliki segudang prestasi dibidang seni,” katanya. (rst)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top