Pengunduran Saleh Ganiru Diproses – FAJAR Sultra
News

Pengunduran Saleh Ganiru Diproses

KENDARI – Pemprov Sultra terhitung baru satu mengeluarkan usulan pemberhentian diri anggota DPRD Kota yakni Abdul Rasak, yang akan tampil dalam pilkada 2017. Kembali menyusul, usulan anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah, Saleh Ganiru yang juga akan bertarung di pesta demokrasi.

Kabag Otonomi Daerah (Otda) Biro Pemerintahan, Tomi Indra Sukiadi mengaku, jika usul pemberhentian anggota DPRD bertambah, setelah Adriatma Dwi Putra anggota DPRD Sultra dan Abdul Rasak anggota DPRD Kota Kendari, dinyatakan resmi mengundurkan diri.

Tomi Indra Sukiadi

“Maka ada lagi yang mengusulkan, yakni Anggota DPRD Buteng Saleh Ganiru. Usulannya sudah kami terima sejak Jumat (25/11), dan sementara dalam proses adminitrasi untuk kita laporkan ke Pak Gubernur,” ujar alumnus pasca sarjana UGM itu.

Dalam proses usul pemberhentian menurut dia tidak butuh waktu terlalu lama. Satu atau dua hari, akan selesai. Apalagi, dokumen usul pemberhentian dari anggota dewan yang bersangkutan lengkap. Sehingga usulan tinggal dilaporkan ke Gubernur Sultra untuk disetujui.

Selanjutnya, Gubernur Nur Alam menerbitkan keputusan pemberhentian dari yang bersangkutan. Sementara, usul pemberhentian anggota DPRD provinsi, harus mendapat persetujuan Mendagri.

Dia mengaku jika pilkada 2017 di Sultra ada tujuh daerah yang ikut dan ada satu anggota DPRD provinsi, dan enam anggota DPRD kabupaten. Namun baru dua yang resmi mendapatkan keputusan pemberhentian yakni ADP dan Abdul Rasak.

Bahkan keputusan pembenhentian ADP dan Abdul Rasak telah diserahkan ke KPU. PAW ADP pu sudah dilantik sejak dua pekan lalu, sementara PAW Abdul Rasak yakni Iwan Sukma baru diserahkan ke DPRD Kendari.

Sementara, Suri Syahriah Mahmud, anggota DPRD Kota Kendari dari Partai Demokrat, di Kabupaten Bombana misalnya, Johan Taslim politikus PAN, Kolaka Utara, H Abbas. Politikus PKB, Buton Selatan, ada La Ode Arusani Politikus NasDem, belum ada yang mengajukan usul pembenhentian diri. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top