Sultra Siap Persembahkan Medali Emas – FAJAR Sultra
News

Sultra Siap Persembahkan Medali Emas

SHLUDG-1024x576

♦ Ajang Utsawa Dharmagita Nasional

KENDARI – Utsawa Dharmagita (UDG) yang merupakan jenis lomba keagamaan bagi umat Hindu tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara resmi ditutup.

Dalam lomba yang melibatkan seluruh peserta yang beragma Hindu dari seluruh kabupaten kota di Sultra itu, turut meramaikan kegiatan dimaksud.

Pemenang dalam lomba itu, akan mewakili Sultra dalam perlombaan UDG tingkat Nasional pada Juli 2017 mendatang di Palembang.

Sekda Sultra didampingi Ketua DPRD Sultra dan Kakanwil provinsi, saat pembukaan UDG tingkat Provinsi Sultra, bertempat disalah satu hotel di Kota Kendari

“Pemenang tingkat provinsi, akan mewakili Sultra di Palembang nanti,” terang Ketua Banjar Sindu Merta Kota Kendari, Gusti Kadek Sumertadana.

Kata dia, ada delapan jenis kegiatan yang diperlombakan para peserta masing-masing kontingen 17 kabupaten Kota.

Diantarannya pemahaman dan pengamalan ajaran Hindu. Disebutkannya, Kota Kendari merupakan kontingen terbanyak yang mendapatkan medali emas yakni 16 medali emas, sembilan medali perak, dan dua perunggu.

Selanjutnya, kontingen yang mendapatkan medali emas dari kontingen Kolaka, yakni berhasil membawa pulang tujuh medali emas, tiga medali perak dan sembilan perunggu. Setelah itu disusul Baubau yakni enam medali emas dan empat perunggu.

Kemudian, Konawe Selatan yakni berhasil membawa pulang empat medali emas, tiga medali perak dan dua perunggu. Sedangkan Konawe Utara berhasil membawa pulang dua medali emas dan empat medali perunggu. Terakhir yaitu Konawe. Konawe hanya membawa pulang satu medali emas, 16 medali perak dan delapan perunggu.

“Kota Kendari merupakan kontingen yang paling banyak mendapatkan medali emas, semoga yang mendapatkan emas di tingkat provinsi bisa kembali mendpatkan emas di tingkat Nasional nanti,” terangnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sultra, Mohammad Ali Irfan mengaku bangga bila Perwakilan Sultra bisa menjadi juara dalam kegiatan Nasional nanti. Untuk itu, dia berharap, seleksi yang berlangsung di tingkat provinsi lebih obyektif agar yang berangkat nanti bisa kompetitif.

“Kemarin, kita MTQ Korpri tingkat nasional dapat juara umum. Kit0a berharap, kontingen kita untuk UDG ini bisa juara umum nantinya,” harapnya.

Sebagai Kakanwil, kata dia, dirinya akan terus memberikan pembinaan berkelanjutan kepada seluruh umat beragama. Diharapkan, pembinaan itu bisa berdampak pada peningkatan pengetahuan dan keyakinan terhadap ajaran masing-masing.

“Untuk mewujudkan kehidupan beragama yang rukun dan toleran. Kita membangun Sultra melalui bahasa agama,” katanya.

Menurut dia, Utsawa Dharmagita mengandung nilai spritual, etika dan estetika. Ini salah satu bentuk umat Hindu dalam mendalami ajaran agamanya.

“Kami akan terus mendukung kegiatan keagamaan. Pembinaan Utsawa Dharmagita tidak terlaksana tanpa sentuhan Pemda. Kita harap Pemprov Sultra mendukung ini,” harapnya saat ditemui di acara pembukaan UDG tingkat Provinsi di salah satu hotel Kota Kendari, Sabtu (26/11).

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh menyanggupi agar ke depan, kegiatan keagamaan terus dianggarkan di dewan.

“Sebagai Ketua Banggar, saya kira hal ini menjadi respon dan tanggung jawab kami,” katanya berjanji.

Senada dengan Rahman Saleh, Sekda Provinsi Sultra Lukman Abunawas ikut memberikan dukungan penganggaran terhadap kegiatan keagamaan.

“Kalau sudah Ketua DPRD yang bicara, saya pikir itu sudah final. Tinggal kita bahas bersama nantinya,” ujarnya. (m4/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top