TNA: Terus Pupuk Semangat Kebhinekaan! – FAJAR Sultra
News

TNA: Terus Pupuk Semangat Kebhinekaan!

OKSosis-4-pilar-TNA

KENDARI – Anggota MPR/DPR RI, Hj Tina Nur Alam, menyerukan semangat kebhinekaan agar terus dipupuk di tengah-tengah masyarakat Sulawesi Tenggara.

Hal itu disampaikan TNA ketika melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, di Aula Dekranasda Sultra, Jumat (25/11) lalu.

Anggota Komisi IX DPR itu mengatakan, Indonesia dibentuk dengan keringat, darah dan air mata para pejuang dan akhirnya menetapkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, semangat dan patriotisme anak bangsa dan para pejuang itu harus terus dipertahankan hingga kapan pun.

Anggota MPR/DPR RI, Hj Tina Nur Alam menyosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, kepada anggota organisasi wanita, para perajin, pemuda, dan SKPD, di Aula Dekranasda Sultra.

“Tidak boleh ada oknum atau kelompok manapun yang mengganggu Pancasila, NKRI dan kebhinekaan yang sudah ada dan berjalan ini. Semangat kebhinekaan harus terus dipupuk,” serunya, di hadapan ratusan anggota organisasi perempuan di Kota Kendari, para perajin, tokoh masyarakat, pemuda serta unsur satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Kendari dan Pemerintah Provinsi Sultra.

Dipahami, kata dia, kini terdapat berbagai persoalan yang menggoyang kebhinekaan Indonesia. Untuk itu, penting bagi seluruh komponen bangsa termasuk di daerah ini tetap bersatu dalam memaknai Pancasila dan NKRI sebagai sebuah pandangan dan dasar negara dan menjadi komitmen harga mati.

Dikatakan, meski kbhinekaan adalah sebuah tantangan, namun harus dipahami bahaya disintegrasi selalu merupakan ancaman, baik riil maupun potensial di segala lini saat ini. Untuk menghadapi tantangan bersama itu, maka yang dibutuhkan adalah prinsip untuk saling menghargai, bahkan prinsip untuk selalu membangun hubungan atau dialog dengan orang lain atau berbagai komponen masyarakat, entah itu agama, budaya, suku dan sebagainya.

“Konsep Bhineka Tunggal Ika akan sangat relevan untuk dapat dipertahankan dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI. Penanaman dan penguatan itu harus dimulai sejak dini supaya bangsa Indonesia tetap kokoh dan terhindar dari berbagai ancaman. Seluruh komponen masyarakat harus menjaga kebhinekaan dan keutuhan NKRI dari ancaman intoleran yang mulai masif terjadi,” kata TNA.

Dengan demikian, kata dia, MPR terus mengambil peran dengan menyampaikan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di berbagai elemen masyarakat.

“Kita semua tentu sudah mengetahui empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi tidak bisa hanya sekedar diketahui, namun harus bisa dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. Boleh dimulai dari hal kecil, seperti di lingkungan keluarga,” pesannya.

Sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Kota Kendari ini adalah untuk ketigakalinya digelar TNA setelah dilakukan sosialisasi di berbagai kabupaten/kota di Sultra. Dia berharap, dengan nilai-nilai 4 pilar ini, Sulawesi Tenggara terus bergerak maju bersama seluruh masyarakat dan pemerintah. (alp/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top