Yusran Tinjau Kesiapan DOB Pakue – FAJAR Sultra
News

Yusran Tinjau Kesiapan DOB Pakue

KOLAKAPOS, Kolaka–Dalam rangka mendorong percepatan pemekaran di Sulawesi Tenggara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Drs. H Yusran Silondae M.Si kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke daerah yang merupakan calon Daerah Otonom Baru (DOB). Setelah beberapa waktu lalu Yusran bersama tim dari DPD-RI melakukan peninjauan calon DOB di Poleang, Kamis (24/11) senator asal Sultra ini meninjau kesiapan calon Kabupaten Pakue di Kolaka Utara.

Menurut mantan Wagub Sultra ini, tujuan kunker ini untuk melihat sejauh mana kesiapan pemekaran baik dari masyarakat maupun pemerintah daerah setempat. “Karena secara politik DPD RI benar-benar ingin bersama-sama daerah memperjuangkan kepentingan daerah melalui adanya pemekaran DOB,” kata Yusran Silondae .

Yusran mengatakan sebagai bukti komitmen dirinya dalam memperjuangkan pemekaran daerah di Sultra, dia bersama tim dari DPD melakukan kunjungan kerja di beberapa daerah yang diusul melakukan pemekaran. Olehnya itu ia berharap dengan adanya pembentukan calon DOB kabupaten Pakue sebagai pemekaran dari kabupaten Kolaka Utara dapat sejalan dengan UU 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah yaitu mensejahterakan masyarakat, meningkatkan kualitas demokrasi dan mendekatkan pelayan masyarakat. “Pada prinsipnya kami membutuhkan dukungan politik dari masyarakat dan pemda. Terutama menyangkut beberapa persyaratan baik teknis, administrasi maupun kewilayahan sebagaimana diamanatkan dalam UU 23 tahun 2014,” jelasnya.

Untuk itu, mantan Ketua PPP Sultra ini juga mendesak pemerintah pusat agar mempercepat keluarnya regulasi turunan terkait dengan pemekaran yakni peraturan pemerintah tentang penataan daerah dan desain besar penataan daerah (Desantrada). “Sehingga masyarakat dan daerah yang ingin memperjuangkan adanya pemekaran dapat merujuk dan mempersiapkan diri pada aturan tersebut,” ujarnya.

Di Pakue, kunker Yusran Silondae dihadiri ratusan masyarakat, tokoh masyarakat Pakue Raya serta tim forum pemekaran Kabupaten Pakue dan sejumlah anggota DPRD Kolaka Utara. (kau/hen)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top